MENGAWALI PENULISAN ARTIKEL DENGAN HURUF BESAR

Kalau anda sering membaca koran, majalah, journal, baik online maupun offline, saya yakin anda pasti sering menemukan atau membaca artikel dimana penulisannya diawali dengan huruf pertama yang berukuran cukup besar, empat atau lima kali lebih besar dari huruf-huruf lainnya dalam artikel itu. Contoh kongkritnya tidak perlu jauh-jauh, anda bisa melihat seluruh artikel di blog saya ini dimana huruf depannya berukuran besar dan berwarna biru. Dalam dunia blogging dan seluk beluk blogging, ini adalah salah satu cara untuk menarik perhatian pengunjung agar lebih betah dan mau berlama-lama tinggal di blog kita, di samping berfungsi sebagai asesoris untuk mempercantik blog tentunya. Bagi sahabat-sahabat blogger terutama new blogger seperti saya, hal seperti ini menjadi keharusan untuk diketahui. Oleh karena itu, terinspirasi oleh pemikiran tersebut, maka pada kesempatan ini saya akan menunjukkan kepada sahabat-sahabat blogger khususnya pemula seperti saya, bagaimana cara membuatnya, tetapi khusus kepada anda pengguna www.blogger.com.

Langkah awal dalam membuat asesoris blog seperti ini adalah, copi kode berikut dalam notepad atau wordpad anda.

/* kode untuk huruf awal
----------------------------------------------- */
.awal {
float:left;
color: #FFFFFF;
background:#2500BB;
line-height:47px;
padding-top:1px;
padding-right:5px;
font-family:times;
font-size:50px;
}

Sedikit penjelasan mengenai kode ini :

  1. "Color: #FFFFFF" menandakan warna background huruf yang disesuaikan dengan warna utama halaman posting. Sedangkan kode #FFFFFF adalah kode hexa untuk warna putih.

  2. "background:#2500BB" adalah warna huruf besar yang mengawali penulisan artikel.

  3. "line-height:47px;" adalah kode untuk menentukan tinggi huruf.

Ketiga kode di atas dapat diubah sesuai dengan situasi dan kondisi blog, dan tentu saja harus sesuai dengan selera anda.

Langkah kedua, silahkan login ke blog www.blogger.com. Setelah login klik "Dasbor" dan berikutnya klik "Tata letak" (layout). Selanjutnya klik "Edit HTML", lalu cari kode "]]></b:skin>", paste kode di atas (maksudnya kode untuk menandai huruf awal postingan) tepat di atas kode "]]></b:skin>", kemudian klik "Simpan Perubahan".

Langkah ketiga, klik "Dasbor", kemudian klik "Pengaturan" (Setting) dan tarik layar anda ke bawah lalu paste kode "<span class="awal">huruf pertama </span>" dalam kotak di samping tulisan "Template Posting" kemudian klik "Simpan Perubahan", proses penyimpanan kode selesai.

Perlu saya jelaskan sedikit bahwa, penyimpanan kode ini bertujuan agar saat akan menulis artikel, anda tidak perlu menuliskan lagi kode "<span class="awal">huruf pertama </span>" dalam halaman posting. Kode ini akan selalu muncul saat akan menulis artikel. Hanya saja, sebelum memulai menulis, pastikan bahwa anda pada mode "Edit HTML", bukan pada mode "Compose".

Selanjutnya untuk menjadikan huruf pertama dari artikel berukuran besar dan berwarna (sesuai selera anda), dari halaman posting, hapus tulisan "huruf awal" pada kode tadi dan gantikan dengan dengan huruf yang akan mengawali penulisan artikel. Seperti pada contoh artikel ini yang saya awali dengan huruf "K", maka bentuknya seperti ini "<span class="awal">K </span>". Untuk mebuktikannya, silahkan coba menulis artikel baru pada blog anda.

Selamat mencoba semoga sukses

Baca juga artikel berikut :



Comments :

5 komentar to “MENGAWALI PENULISAN ARTIKEL DENGAN HURUF BESAR”

ArtWork69 mengatakan...
on 

Makasih, udah jadi..

Lilis Indrawati mengatakan...
on 

Dan yang lebih penting lagi Bos:
Gunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar.
(Hehehe... ini pesan sponsor dari guru bahasa Indonesia)

Bunda Alfi mengatakan...
on 

Aduh Makasi bnyk ilmunya nih Pak Bahry,aku berhasil ngikutin trik dan tip bpk ini ,makasih ya...jng bosen posting artikel 2 yg bermutu dan bermanfaat ini ya pak ...

Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd mengatakan...
on 

thanks ya

Anonim mengatakan...
on 

bagus bgt tipsnya..
perlu di coba..
kunjungi blog saya juga yah.. thx..

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template