TIPS CEPAT TERINDEKS DI GOOGLE

Bagi seorang blogger pemula yang baru memasuki dunia blogging seperti saya, merupakan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri jika blog yang baru dibuat tidak membutuhkan waktu yang lama terindeks di mesin pencari google. Kenapa saya katakan seperti itu, sebab ternyata hal ini bukan perkara yang mudah, perlu pengetahuan tertentu jika ingin blog yang baru dibuat terindeks di mesin pencari google dengan cepat. Dalam dunia blogging dan seluk beluk blogging, ilmu yang mesti dipelajari oleh blogger pemula, dikenal dengan sebutan Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO. Sebagai blogger baru, saya sebenarnya tidak pernah secara khusus mempelajari ilmu tentang SEO, karena disamping tidak punya guru SEO, dari hasil penelusuran saya, rupanya ilmu SEO yang diajarkan oleh para master SEO itu sendiri tidak ada yang baku, atau dapat dikatakan masing-masing memiliki trik sendiri-sendiri. Sehingga saya berkesimpulan bahwa pengalaman yang dipoles dengan sedikit pengetahuan tentang SEO, akan membuat kita paham apa sesungguhnya yang diinginkan mesin pencari google agar web blog kita cepat masuk dalam memori robotnya. Artinya, setiap bloger harus mengerti apa yang disebut SEO Basic atau dasar-dasar SEO.

Pada kesempatan ini, saya akan coba berbagi tips dengan sahabat pembaca khususnya blogger pemula, yang mana tips ini sesungguhnya merupakan pengalaman saya terhadap beberapa hal yang pernah saya lakukan terkait dengan upaya agar web blog saya cepat terindeks di mesin pencari google. Tips ini murni hasil eksperimen yang saya lakukan secara berulang-ulang, dipadukan dengan dengan sedikit ilmu dasar tentang SEO.

Sebelum memulai, perlu saya sampaikan terlebih dahulu apa sebenarnya pengertian SEO, sehingga nanti sahabat pembaca akan mudah memahami kemana sebenarnya arah pembahasan kita, dan pada akhirnya sahabat pembaca akan tahu apa yang seharusnya dilakukan. Search Engine Optimization atau SEO menurut saya adalah langkah optimasi yang dilakukan oleh seorang blogger terhadap web blog yang dibuatnya dengan tujuan agar web blog tersebut mudah diindeks atau dikenali oleh mesin (robot) pencari google. Udah sedikit jelas bukan?. Optimalisasi blog dapat dilakukan sebelum blog itu dibuat. Beberapa langkah optimalisasi blog yang dapat dilakukan sebelum mendisain blog antara lain sebagai berikut :

  1. Menentukan judul blog dan memilih beberapa kata kunci (keyword) yang tepat sesuai dengan tema blog yang akan dibuat.

  2. Untuk mengetahui seberapa ketat persaingan dalam pemilihan kata kunci (keyword) yang akan dipilih, lakukan searching di google untuk mengetahui seberapa besar tingkat persaingan penggunaan kata kunci (keyword) tersebut. Mengapa itu dilakukan, tujuannya adalah agar penentuan kata kunci yang akan digunakan tidak terlalu banyak pesaingnya. Semakin sedikit kata kunci itu digunakan semakin baik.

  3. Jika sahabat pembaca telah menetapkan kata kunci, langkah berikut adalah penggunaan meta tag. Meta tag adalah gambaran singkat (diskripsi) mengenai penggunaan kata kunci dan isi atau konten blog. Sebagai contoh meta tag dari blog ini :

    <meta name="keywords" content="Dunia blogging, seluk beluk blogging, Tutorial, optimalisasi blog "/>
    <meta name="description" content="Media Inspirasi dan Apresiasi Blogging "/>

    Meta tag ini di tempatkan tepat di bawah kode <title><data:blog.pageTitle/></title> dari template blog sahabat pembaca sekalian.

  4. Selanjutnya mengenai isi atau konten blog. Dalam penulisan artikel, judul artikel diupayakan seo friendly dan kata kunci (keyword) tersebar dengan merata dalam artikel mulai dari paragraf awal, tengah dan akhir artikel.

  5. Langkah selanjutnya adalah daftarkan blog sahabat ke mesin pencari seperti Google, Yahoo, MSN dan lain-lain.

Beberapa item di atas dikenal dalam dunia blogging dengan sebutan optimalisasi blog pada bagian On Page (On Page Optimization), dimana lingkupnya masih dalam web blog. Sedangkan pada bagian Off Page atau Off Page Optimization lingkup optimalisasinya diluar blog dan dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Blog memiliki backlink dari blog lain, lebih baik jika blog dengan tema yang sama dengan blog sahabat sekalian. Semakin banyak backlink dari blog lain semakin baik, apalagi jika backlink tersebut dari blog yang memiliki page rank yang tinggi (PR 1, PR 2, PR 3).

  2. Perbanyak link satu halaman khususnya pada artikel dengan topik yang sama.

  3. Perbanyak blogwalking (berkunjung ke blog lain).

  4. Manfaatkan iklan baris gratis untuk mempromosikan blog sahabat.

Demikian secara singkat tips cepat terindeks di mesin pencari google, selamat mencoba semoga sukses. Bagi sahabat blogger yang memiliki pengetahuan lebih tentang masalah ini, silahkan di share dengan memberikan komentar pada ruang komentar.
Selesai

Baca juga artikel berikut :



Comments :

19 komentar to “TIPS CEPAT TERINDEKS DI GOOGLE”

BAJUSENAMJSC mengatakan...
on 

SIIIIIIIIP SOB....

JO mengatakan...
on 

iya nih bang harus tau buat para blogger tentang seo, gak prof kan gpp yang penting tau basicnya. thanks wat infonya ya bang.

Unknown mengatakan...
on 

makasih atas infonya...moga2 peringkat Blogku naek trus. he-
Amin..

http://blog-akhwat.blogspot.com (visit my Blog ya)

Izar Baik mengatakan...
on 

wah, keren juga niyh tips nya.

ngikutin ah...

mampir sini donk :
http://izarbaik.blogspot.com

Admin 2 mengatakan...
on 

I follow this blog for a friendship, I invite you come to my blog & hope you come as follower to.

Yuga Eko mengatakan...
on 

info yang sangat membantu, thanks banget pak!

ina mengatakan...
on 

eh page rank nya dua yah????

sama, ina jg dua, hehe...


sempet kaget jg??? ina kn pemula bgt gtu,... hehe....

Anonim mengatakan...
on 

bagi2 ilmu ..... keren tips nya ikutan donk,, back link yah pak please...

Unknown mengatakan...
on 

tips nya saya coba terapkan mudah2an jadi 3,.he..he...

aswad mengatakan...
on 

Saya datang ke blog Anda dan telah membaca informasi ini.Sangat baik. Thanks for sharing. Saya suka topik ini.
Teruslah memposting dan tetap semangat.

How Much It Cost mengatakan...
on 

thanks kang infonya

Top Download mengatakan...
on 

tq ya bro infonya

phsyco_izzy mengatakan...
on 

tips yang berguna untuk ku.....

GEMINI mengatakan...
on 

makasih banyak pak tipsnya.=))

Jack Wilkinson mengatakan...
on 

waah berguna sekali tips nya. makasih banyak loh
salam kenal

abdurrazaq mengatakan...
on 

makaih tipsnya

erwin mengatakan...
on 

matab sekali tips nya, coba praktek ah..
thanks gan..

Taufik mengatakan...
on 

gan mau tanya nih
saya gunakan kata kunci deskipsi meta tag ,tapi kok gk mau masuk ke kotak deskripsi saya.
jawabanya gk nerima meta

mohon pencerahan gan

Shirkalen Tears mengatakan...
on 

makasih atas ilmunya, walaupun saya sangat pemula dalam urusan ngeblog, kalo ada waktu silakan berkunjung ke www.shirkalen.blogspot.com

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template