PANDUAN MEMBUAT BLOG

Tahapan awal memasuki dunia blogging adalah memiliki blog. Untuk memiliki blog, tentu harus buat dulu, dan persyaratan utama membuat blog adalah harus memiliki email, bisa di www.yahoo.com, www.gmail.com, www.mail.com dan lain-lain, silahkan pilih sesukanya. Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa tutorial buat blog ini khusus bagi mereka yang pemula seperti saya, dan blog yang akan dibuat menggunakan www.blogger.com milik google dengan domain "blogspot.com". jadi url blog jadinya seperti contoh berikut, "www.latihan.blogspot.com". Bagi yang sudah senior atau master blog, silahkan menambah kalau ada yang kurang, atau mengoreksinya jika ada yang salah. Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, perlu diperhatikan masalah pemilihan disain template. Google telah menyiapkan beberapa pilihan template yang bisa digunakan secara gratis, namun bagi yang suka uji coba atau senang berkreasi, bisa download template di www.eblogtemplates.com.

Sengaja saya rekomendasikan situs www.eblogtemplates.com karena beberapa blog saya, templatenya saya download di situs ini. Sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan template gratis dan jika ingin mendapatkannya, silahkan gunakan fasilitas pencarian om google dengan memasukkan kata kunci (keyword) "free download template". Sebelum download, pastikan bahwa komputer anda telah terinstal aplikasi WINZIP. Perhatikan template yang saya gunakan di blog ini, namanya "daya-earth-blogger". Anda bisa memilih template seperti punya saya, atau silahkan pilih sesuai selera masing-masing, dan tidak usah khawatir karena downloadnya gratis alias tidak bayar . Setelah melakukan download template, silahkan buka browser baru, atau tekan kontrol N pada papan keyboard anda, pada address bar ketik www.blogger.com. Setelah terbuka halaman baru, silahkan pilih bahasa Indonesia, setelah itu klik tanda panah berwarna orange dengan tulisan "CIPTAKAN BLOG ANDA". Pada kolom yang disediakan silahkan masukkan alamat email, dan pada kotak dengan tulisan "KETIK ULANG ALAMAT EMAIL", masukkan alamat email sekali lagi. Ketik password pada kotak yang disediakan dan ulangi lagi pada kotak di bawahnya. Password yang dibuat usahakan uniq dan gampang diingat. Isikan nama sesuai yang diinginkan, karena nama ini akan muncul nantinya jika blog anda selesai, walaupun nanti tetap dapat diganti sesuai dengan yang diinginkan. Langkah selanjutnya, masukkan kata yang akan digunakan melakukan verifikasi pada kotak yang disediakan, beri contrengan pada kotak kecil dengan tulisan "SAYA MENERIMA PERSYARATAN DAN LAYANAN", lalu klik tanda panah yang bertuliskan kata "LANJUTKAN". Buatlah judul blog yang diinginkan (bisa diedit dikemudian hari). Pada kotak alamat URL blog, ketik alamat blog yang anda inginkan, misalnya "latihan" atau yang lainnya, kemudian cek ketersediaan alamat blog tadi. Jika ok, lanjutkan dengan memasukkan huruf-huruf yang akan digunakan untuk verifikasi pada kotak yang disediakan kemudian klik tanda panah yang bertuliskan "LANJUTKAN". Selanjutnya pilihlah template yang diinginkan, klik tanda panah yang bertuliskan "LANJUTKAN". Setelah proses ini selesai, maka akan muncul tulisan "BLOG ANDA TELAH SELESAI DICIPTAKAN".

Pembuatan blog sudah selesai tetapi belum bisa dikatakan aktif, silahkan buka alamat email yang tadi digunakan membuat blog. Klik link yang diberikan untuk melakukan verifikasi email dan setelah itu blog anda siap digunakan. Jika ingin memposting artikel klik dasboard dan perhatikan di sudut kiri terdapat tulisan "POSTING". Klik tulisan tersebut jika ingin segera menulis artikel di blog anda. Pelu saya sampaikan bahwa blog anda saat ini menggunakan template standar blogger. Jika ingin menggantinya dengan template yang di dowload tadi, silahkan klik "TATA LETAK", kemudian pada deret menu di sebelah kiri, klik "EDIT HTML". Klik tulisan "BROWSE" dan cari template yang barusan anda download. Setelah ketemu, klik kata "UNDUH", tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Untuk menyimpan template yang baru di unduh, klik tulisan "KONFORMASI DAN SIMPAN". Tunggu beberapa detik sampai template baru disimpan ditandai dengan munculnya tulisan di bagian atas "PERUBAHAN ANDA TELAH DISIMPAN". Untuk melihat template baru anda, silahkan klik "LIHAT BLOG" di samping tulisan "TATA LETAK". Proses membuat blog selesai. Pembahasan akan kita lanjutkan pada artikel berikut yaitu membuat fasilitas "READ MORE" dan beberapa fasilitas lain. (Bersambung)
Selamat mencoba.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

0 komentar to “PANDUAN MEMBUAT BLOG”

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template