SOLUSI INTERNET MURAH BERSAMA INDOSAT BROOM

Bagi sebagian orang yang hidup di kota-kota besar, internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan yang hampir mendekati kebutuhan primer. Tiada waktu tanpa internet, mungkin seperti itulah semboyannya. Hari ini, internet telah menjadi mainan baru, yang membuat pelakunya ketagihan dan banyak memberi berpengaruh pada aktifitas seseorang. Bahkan ada yang menjadikan internet sebagai aktifitas kesehariannya. Khusus netter mania, blogger mania, atau apalah namanya, yang memiliki hobi berpetualang di dunia blogging, kebutuhan akan ketersediaan layanan internet, baik itu di rumah atau dikantor menjadi sesuatu yang wajib diadakan. Sejalan dengan itu, pertumbuhan penyedia layanan internet (Internet Service Provider) pun bak jamur di musim hujan. Hadir dengan promosi yang menggiurkan dan berlomba-lomba menawarkan berbagai kemudahan akses internet, menyediakan berbagai fitur dan layanan yang menarik, dengan harapan supaya masyarakat pengguna internet mau menjadi pelanggannya.

Terinspirasi oleh pertimbangan semakin tingginya kebutuhan masyarakat kota besar atas ketersediaan layanan internet, beberapa provider melakukan terobosan baru dalam kebijakan marketingnya. Perang fitur dan layananpun berkembang menjadi perang tarif, yang mau tidak mau harus diikuti oleh provider lainnya. Sebab jika tidak, bisa ditebak beberapa provider akan kehilangan pelanggannya jika tetap bertahan dengan tarif lama. Saat ini, hampir sebagian besar provider menawarkan tarif yang relatif murah dan menyediakan berbagai kemudahan dalam pembayaran. Mulai dari yang bentuknya prabayar, pasca bayar, sampai pada penggunaan voucer.

Para provider nampaknya memahami betul hukum pasar, bahwa layanan internet dengan kualitas baik didukung dengan tarif murah, yang akan jadi pilihan konsumen. Oleh karena itu, bagi mereka, tidak ada pilihan selain berusaha semaksimal mungkin menghadirkan layanan murah yang dapat kita saksikan hari ini. Seperti PT. Indosat Mega Media misalnya, beberapa bulan terakhir meluncurkan produk anyar mereka, SOLUSI INTERNET MURAH BERSAMA INDOSAT BROOM. Hal inilah yang kemudian menjadi inspirasi bagi saya untuk menulis artikel ini.

Untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya, PT. Indosat Mega Media beberapa bulan lalu, meluncurkan sebuah produk yang diberi nama Indosat Broom. Layanan ini menurut saya relatif murah jika dibandingkan dengan layanan serupa yang disediakan provider lain, seperti misalnya Telkomflash, Axis, Speedynya Telkom, Esia dan lain-lain. Bahkan Indosat Broom ini juga jauh lebih murah dari produk Indosat lainnya, seperti layanan pasca bayar dengan menggunakan Broad Band dan Starone. Dengan Indosat Broom sahabat bogger hanya perlu membayar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) selama sebulan untuk akses unlimited (tanpa batas), itupun dalam bentuk voucher.

Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa hari ini layanan Indosat broom telah menjadi kontroversi, disebabkan karena beberapa hal yang dialami penggunanya. Ada yang katakan lambatnya minta ampun, adapula yang susah melakukan koneksi, dan berbagai macam problem yang dialami masing-masing pengguna. Menurut saya ini adalah hal yang wajar saja terjadi, karena barang yang murah biasanya laris manis bak kacang goreng, demikian pula halnya dengan Indosat Broom ini. PT. Indosat mungkin tidak menyangka bahwa produk ini akan meledak di pasaran, sehingga yang terjadi kemudian adalah BTS yang tersedia tidak mampu melayani jumlah pelanggan yang setiap saat bertambah. Terjadilah overload yang mengakibatkan beberapa pelanggan terkena imbasnya. Bentuknya seperti tadi, susah koneksi, lambat dan lain-lain.

Sebagai sesama pengguna Indosat Broom, pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips mengatasi susah konek, lambat akses dan semua permasalahan yang dialami pelanggan Indosat Broom. Sedikit saya perlu sampaikan, bahwa selama menggunakan Indosat Broom kurang lebih lima bulan, saya tidak mengalami kendala yang berarti. Kadang memang sedikit susah konek, atau akses yang lambat, tetapi dengan cara yang saya gunakan, semua masalah itu dapat saya atasi. Bahkan saat quota saya habis sekalipun, kecepatan koneksi saya tetap stabil. Kadang saya juga heran kok bisa seperti ini, karena sesuai dengan penjelasan pihak Indosat, penggunaan Indosat Broom setelah mencapai quota 2 GB, kecepatan akses akan turun dari 256 kbps menjadi 64 kbps. Penurunan speed yang begitu drastis harusnya juga makin memperlambat kecepatan akses. Tetapi jujur dan terus terang, saya tidak mengalami hal seperti itu.

Sebagai informasi, saya menggunakan modem AMOI produksi Indosat dengan speed modem 7,2 MB. Sebelum saya menggunakan Indosat Broom ini, saya adalah pelanggan pasca bayar dengan menggunakan Indosat Broadband dan juga pengguna StarOne. Setelah menggunakan Indosat Broom, kedua layanan yang pertama saya hentikan, karena harga yang harus saya bayar untuk keduanya cukup mahal.

Sekarang saya ingin sampaikan tips mengatasi problem bagi pengguna Indosat Broom. Karena saya menggunakan modem Amoi, tentu pengalaman ini saya share untuk pengguna dengan menggunakan modem yang sama. Untuk sistem operasi saya menggunakan windows XP service pack 2. Sebagai keterangan tambahan, tempat saya cukup jauh dari BTS Indosat, hal ini saya ketahui karena jumlah batang signal yang muncul saat modem saya aktifkan paling banyak 3, bahkan lebih sering hanya 2.

Untuk mengatasi problem tersebut, pada komputer saya install Tune Up Utility 2008. Dengan software TU 2008 inilah, semua problem pengguna broom insya Allah dapat di atasi. Caranya begini, pada saat terkoneksi, untuk mengatahui speed koneksi saya bagus atau tidak, saya mencoba mengakses blog ini. Kalau bisa terbuka dengan baik, maka itu artinya speed koneksi normal, tetapi jika sebaliknya, berarti ada masalah. Langkah mengatasinya adalah. saya diskonek, kemudian aktifkan TU 2008 dengan menggunakan beberapa fiturnya, antara lain :

  1. Maintain Window --->Tune Up 1-Click Maintenance (jalankan proses ini sampai selesai). Jika ada yang bermasalah, ulangi kembali prosesnya.

  2. Maintenace window --->Manual Window Maintenace--->TuneUp Registry Cleaner (jalankan sampai selesai).

  3. Increase Performance--->Tune Up Registry Defrag--->Repair Registry Error. (jalankan proses ini sampai selesai, dan biasanya anda diminta restart komputer jika proses ini selesai).

  4. Solve Problem--->Tune Up Disk Doctor (jalankan proses ini sampai selesai, dan biasanya komputer minta direstart jika ada masalah).

Tips inilah yang saya gunakan jika saya mengalami masalah sebagaimana masalah yang sobat pengguna juga alami, baik itu susah login dan akses yang lambat. Selama menggunakan Tune Up Utility, selama itu pula saya tidak menemukan kendala yang berarti dalam menggunakan Indosat Broom. Sebelum mengakhiri artikel ini, perlu saya sampaikan pada sahabat semua, bahwa untuk sementara waktu Indosat Broom merupakan pilihan sekaligus solusi internet murah bagi saya untuk menjalankan hobi baru saya bertualang di dunia blogging untuk memahami seluk beluk blogging secara baik, sehingga bisa mendatangkan manfaat dan nilai tambah. Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi sobat dalam menentukan pilihan koneksi internet. Kata orang, "Lain padang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya". "Lain kepala, lain isinya, lain fikiran lain pula pilihannya". Akhirnya semua kembali pada diri masing-masing untuk mengambil keputusan. Yang pasti, untuk ukuran Indonesia, Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah dalam sebulan) untuk akses unlimited (tanpa batas) dengan kecepatan 64kbps - 256kbps adalah layanan murah dan mungkin terlalu berlebihan jika saya katakan super murah. Dan karena sebab ini pula, IndosatM2 sebagai anak perusahaan PT. Indosat Mega Media, terpilih sebagai satu-satunya Internet service provider dari Indonesia sebagai calon penerima award dari sebuah lembaga survei pengguna jasa internet di dunia yang bermarkas di Eropa. Selamat atas prestasi ini dan semoga pembangunan BTS baru yang dijanjikan tuntas pada awal bulan Mei ini dapat segera terealisir agar kualitas layanan PT. Indosat Mega Media kepada pelanggannya semakin baik. Bravo Indosat, Bravo Indosat Broom.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

6 komentar to “SOLUSI INTERNET MURAH BERSAMA INDOSAT BROOM”

JO mengatakan...
on 

gak pake indosat,hehehe

Fey mengatakan...
on 

buat telkomflash bisa gak ya?

S.BAHRY.B mengatakan...
on 

Wah masing ISP sesuai dengan tarifnya sendiri-sendiri

Anonim mengatakan...
on 

Hari gini pake indosat adanya makan hati.
saking lelet saya pindah ke broom classic yang katanya kecepatan penuh tanpa putus
bah slogan aja yang sangar...kemampuan cemen

Hidup T-Sel Flash

shanty mengatakan...
on 

tgl 10 juni aq beli modem & IM2 extra unlimited
koneksinya cepet lho.....
padahal kata tmenku emang lemot, tapi aq coba baik2 saja.....

Anonim mengatakan...
on 

Infonya ok nih.. siapa tahu nanti berguna.. bookmark dulu ah.. thanks

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template