TIPS MEMILIH TEMPLATE UNTUK DISAIN WEB SITE ATAU BLOG

Berbicara mengenai dunia blogging dan seluk-beluk blogging, khususnya dalam hal disain web site atau blog menurut saya, salah satu unsur yang memiliki peran cukup penting dan tidak boleh diabaikan oleh seorang blogger adalah memilih templates. Memang, pada tahap awal, ada beberapa unsur lain yang juga penting daripada sekedar memilih templates. Seperti misalnya, menentukan tema, alamat URL, memilih judul, penggunaan hosting dan domain. Namun, beberapa hal yang saya sebutkan itu, hanya berperan sekali dalam proses disain sebuah web site atau blog, sedangkan templates tidak demikian adanya. Begitu mulai menekuni aktifitas sebagai seorang blogger sampai seterusnya, seseorang tidak akan pernah lepas berhubungan dengan yang namanya templates. Mengapa?, jawabannya cukup sederhana, karena templates yang dipilih pertama kali pada saat membuat blog adalah templates standar yang tentu saja masih memerlukan tambahan di sana-sini untuk menyempurnakannya.

Untuk mengukur seberapa besar pengaruh templates dalam mendukung aktifitas blogging seseorang, perumpamaannya seperti ini. Misalnya blog dipersonifikasikan sebagai manusia, maka dapat dikatakan templates adalah pakaiannya. Anda boleh percaya boleh tidak tapi itulah kenyataannya. Contoh kecil yang dapat dijadikan barometer untuk mengetahui hal ini adalah pada saat seorang blogger melakukan aktifitas blogwalking. Yang pertama kali dilihat sewaktu mengunjungi sebuah web site atau blog tentu halaman blog, yang sesungguhnya merupakan template dari blog itu sendiri. Tampilan template yang bagus akan menimbulkan rasa kagum, dan dengan kekaguman itu, biasanya muncul komentar "wah blognya bagus", "nice blog", "wuih keren oi!" dan sebagainya.

Contoh lain, seperti yang saya katakan pada postingan yang lalu bahwa menggeluti dunia blogging ibarat seseorang yang sedang kehausan meminum air garam. Makin banyak diminum makin haus rasanya. Ungkapan sederhana ini memberi gambaran bahwa seorang blogger tidak pernah puas dengan apa yang sudah dicapainya. Ada saja hal-hal yang membuatnya terus menerus melakukan kreasi dan inovasi untuk mencapai impiannya. Seperti misalnya, agar blognya makin cantik, pada templatesnya ditambahkanlah asesoris di sana-sini. Suatu indikasi yang menunjukkan bahwa templates memiliki peran yang cukup penting dalam mendisain sebuah web site atau blog.

Karena itu, melalui artikel ini, saya akan coba berbagi dengan sahabat blogger sekalian, tips memilih templates yang tepat. Tips ini merupakan pengalaman saya selama beberapa bulan menekuni dunia blogging dan seluk beluk blogging. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam hal pemilihan templates antara lain sebagai berikut :

  1. Agar blog sahabat terlihat cantik dan enak dipandang, pilihlah template yang sesuai dengan selera dan karakter sahabat, terutama dalam hal warna dan tata letak. Pemilihan warna templates cukup penting karena bentuk blog yang cantik dengan kombinasi warna yang sesuai, dapat mempengaruhi tingkat kepuasan seseorang sewaktu berkunjung.

  2. Hindari memilih templates yang terlalu banyak warnanya (ramai), apalagi jika itu terdiri dari banner dan gambar. Sebab hal ini bisa mengakibatkan akses atau loading ke blog sahabat akan terasa berat dan memerlukan waktu yang lama, sehingga boleh jadi karena faktor tersebut, pengunjung akan memilih kabur. Ingat, tidak semua orang terutama di Indonesia memiliki kecepatan koneksi yang sama. Karena itu, hal ini benar-benar harus dipertimbangkan.

  3. Pilihlah template yang menyediakan ruang (space) yang cukup untuk menunjang eksplorasi yang akan dilakukan. Sesuai pengalaman saya, template tiga kolom cukup bagus untuk itu. Kelebihan templates tiga kolom dibanding template lainnya, karena adanya ruang yang cukup besar untuk berkreasi, sangat cocok untuk mereka yang suka berbisnis online.

  4. Jangan ikut-ikutan memilih templates yang sudah banyak digunakan. Ini menjadi penting karena bukan tidak mungkin pilihan sahabat akan sama dengan blogger lain, karena saat ini tidak sedikit situs yang menyediakan free blogger templates (template gratis).
  5. Usahakan memilih template yang stabil, artinya dibuka dengan browser apapun, tidak akan menimbulkan tampilan yang kacau.


Jika pilihan templates yang sahabat lakukan telah memenuhi beberapa kriteria di atas, dapat saya katakan, bahwa salah satu syarat agar blog sahabat nantinya cepat terindeks pada mesin pencari seperti Yahoo, MSN, terutama Google telah terpenuhi (template yang SEO Friendy).

Untuk mendapatkan templates sebagaimana kriteria yang saya sebutkan di atas, sahabat blogger dapat memperolehnya di www.blogspottemplates.com, sebuah web site yang secara khusus menyediakan templates blogger milik Kang Isnaini, seorang senior blogger dari Indonesia yang saat ini berdomisili di Jogjakarta. Ada kurang lebih 80 templates yang dapat didownload secara gratis di sana, dan tentu ini merupakan tawaran yang menarik bukan?. Semoga artikel ini bermanfaat sekaligus menjadi inspirasi dalam memilih templates untuk mendisain web site atau blog sahabat blogger sekalian. Selamat mencoba semoga sukses.

**Sebagai catatan :

Jika sahabat blogger memiliki pengalaman dalam hal disain web site atau blog, khususnya yang berhubungan dengan memilih templates, silahkan menambahkan tipsnya dalam kotak komentar. Demikian pula sahabat dengan status new blogger seperti saya, terbuka ruang untuk saling berbagi dalam bentuk diskusi. Untuk itu silahkan tinggalkan pesan dalam bentuk pertanyaan, saran, usul, bahkan mungkin kritik pada kotak komentar. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

18 komentar to “TIPS MEMILIH TEMPLATE UNTUK DISAIN WEB SITE ATAU BLOG”

kakara mengatakan...
on 

Nice post frenz.. keren tipsnya..
TFS :)

Heriza Saputra mengatakan...
on 

mantap ni tipsnya pak, bagus buat pemula seperti saya

Unknown mengatakan...
on 

Betul banget, template tuh ngaruh banget. Klo pertama x ku Blogwalking, pasti yang di liat tuh templatenya. Abis itu baru deh isinya. hehe..

Kang Geri mengatakan...
on 

yah memang memilih template tuh butuh template yang bagus dan tentu saja ber cita rasa indonesia yah

http://www.saungkuring.com/2009/05/blogspot-template-cita-rasa-indonesia.html

Aka Aceh, mengatakan...
on 

Mantap banget mas...solusi cerdas buat yang baru memulai...semoga bermamfaat...

Dwi Budi Priyanta mengatakan...
on 

OK Buanget...Bisa Nambah Pengetahuan Maklum Ariesvio Masih NewBie
Salam...Sukses

Ahmad Isnaini mengatakan...
on 

Terima kasih atas partisipasinya dalam Kontes Review Blogspot Template Dot Com

Kang Yasin mengatakan...
on 

heheheh memang top dech mas isnaini yach aku dukung sesama peserta saling dukung yach jangan lupa dukung saya di Contest Isnaini Blogspottemplate trik-tipsblog thanks yach

wong_GO mengatakan...
on 

Siiiiipppp....makin sulit ninggalin blognya mas BAHRY neh.....yahut deh S.BAHRY'sBLOG

Unknown mengatakan...
on 

thx pak.. tipsnya bermanfaat bwt newbie kayak saya nich

Anonim mengatakan...
on 

wah keren deh tipsnya..btw, templateku dah ada yg sama lum ya..

Anonim mengatakan...
on 

makasih atas informasinya, saya baru ngeblog nih...

Administrator Frelia mengatakan...
on 

Makasih^^ saya jadi ingin desain template yg bagus untuk menambah semangat blogging.

Seri mengatakan...
on 

untuk bikin blogku aja udah lebih 15 template ku coba akhir2 simerah saga jadi pilihanku. aq sokong pendapatmu sobat. tip ini amat berguna bagi blogger baru yg ingin tukar template.

donkissotes mengatakan...
on 

tr ksh atas tips-nya
jangan lupa speed loading jg diuahakan enteng bro,,


nc post
thx u

aR_eRos mengatakan...
on 

wah ikutan kontesnya mas Isnaini ya. ini tak sundul dengan komentar hehehe. sukses ya semoga menang. ditunggu kunjungan balik dan komentar dukungannya dalam kontes sejenis tapi berbeda. diharapkan berkomentar tentang isin bukan berkomentar tentang kontesnya okkay tak tunggu dalam tulisan 'manjakan mata...' sebelum 31 mei jam 23.59 hehe. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

Anonim mengatakan...
on 

Design sudah oke pengunjung ogah datang

Anonim mengatakan...
on 

Thanks atas sarannya. Kunjung balik Keblog saya. Apakah blog saya udah bagus pa belum

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template