TUTORIAL PASANG KALENDER DAN JAM DIGITAL

Sebagaimana penjelasan saya pada artikel sebelumnya bahwa, salah satu elemen dasar yang memiliki arti cukup penting dalam memahami dunia blogging dan seluk-beluk blogging khususnya dalam mendisain sebuah web blog adalah pengaturan tata letak atau lay out. Sementara salah satu unsur yang tidak boleh diabaikan dalam pengaturan tata letak sebuah web blog adalah pemasangan asesoris, dimana asesoris ini berfungsi menjadikan web blog lebih menarik, dan membuat pengunjung betah tinggal lebih lama di blog kita. Jika web blog diibaratkan seperti seorang gadis, asesoris ini ibarat gaun dan pernak-pernik lainnya yang akan membuat sang gadis bertambah cantik dan menawan. Dengan begitu, tentu makin banyak kumbang yang akan datang menghampirinya he he he. Demikian pula halnya dengan pemakaian asesoris pada blog, makin bagus asesorisnya, semakin menawan web blog itu terlihat, dan tentu semakin tertarik orang untuk mengunjunginya.

Salah satu jenis asesoris yang banyak digunakan dan sering kita temukan terpasang pada web blog adalah kalender dan jam. Mungkin disebabkan karena dua fungsiyang dimilikinya, yaitu sebagai penunjuk waktu dan sekaligus berfungsi untuk mempercantik blog. Oleh karena itu, tulisan saya kali ini akan membahas mengenai cara pasang kalender dan jam, khususnya jam digital pada web blog seperti yang nampak di bagian kiri artikel ini. Sengaja saya memilih contoh seperti itu, karena disamping tidak memerlukan ruang (space) yang terlalu besar, kalender ini juga terbilang lengkap, karena mencakup penanggalan hijriyah (kalender Islam) dan kalender masehi. Khusus mengenai jam, sengaja saya pilih jam digital, karena menurut saya, disamping alasan tersebut di atas, juga karena bentuk dan warnanya yang cantik. Sebenarnya ada banyak pilihan, hanya saja saya lebih tertarik dengan model seperti yang terpasang pada blog ini. Sahabat blogger nanti bisa memilih bentuk yang lain sesuai selera masing-masing. Hanya saja perlu saya sampaikan, hal penting yang harus sahabat perhatikan adalah, pemilihan jenis kalender dan jam sebisa mungkin disesuaikan dengan model template dan space yang tersedia pada blog sobat.

Untuk memulai pemasangan kalender dan jam, silahhan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka browser baru dan masukkan alamat situs alamat situs berikut ini http://hijriah,jentayu.com, atau silahkan klik di sini.

  2. Setelah halaman baru terbuka, perhatikan bagian kiri dari halaman baru tersebut, dan pada "menu utama", klik "Tarikh Hijriah", selanjutnya klik menu "Dapatkan scrip Hijriah di sini". Kopi kode script yang muncul, contohnya seperti ini :

    <script src="http://hijriah.jentayu.com/hijriah.php?color=NOMBOR"> </script>

    lalu simpan di notepad. Sedikit penjelasan, pilihan jenis kalender ada 7 yang ditandai dengan nomor 1 - 7. Untuk mengganti pilihan, tulisan "NOMBOR" diganti dengan nomor 1 - 7 sesuai dengan model yang sahabat blogger inginkan.

Pemilihan script kalender selesai, dan selanjutnya memilih model jam digital. Untuk itu silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka browser baru dan ketik www.clocklink.com, atau langsung klik di sini.

  2. Setelah halaman baru terbuka, silahkan klik menu "Gallery". Pada halaman baru "Clock Gallery", akan nampak beberapa menu pilihan berbagai model jam seperti :

    Newest, Analog, Animal, Animation, Count Down & Up, Dark Backgrounds, Digital, Holidays, Logo & Custom, Seasons, Sports, Transparent, Wallpaper.

    Untuk memilih model jam digital seperti yang sahabat lihat pada blog ini, silahkan klik menu "Digital". Pada halaman baru yang terbuka, klik tulisan "view html tag" dari salah satu model yang disukai, dan pada halaman "ClockLink" yang muncul kemudian, klik "Accept". Selanjutnya, klik salah satu bulatan kecil disamping icon warna untuk memilih warna yang diinginkan. Klik bulatan kecil disamping tulisan "select by city", kemudian pada menu drop down, klik panah untuk memilih negara Indonesia dan nama kota. Sekarang nampak ada dua kode jam yang muncul, silahkan pilih ukuran jam yang diinginkan dan kopi salah satu kode tersebut. Saya sarankan sahabat blogger mengkopi kode di bawah tulisan "If the above does not work, please try the following code" lalu simpan di notepad. Contoh kodenya seperti ini :

    <embed src="http://www.clocklink.com/clocks/5005-green.swf?TimeZone=Indonesia_Makassar&" width="120" height="40" wmode="transparent" type="application/x-shockwave-flash">

    Dengan kode ini, sahabat blogger akan mudah melakukan perubahan jika ukurannya tidak sesuai dengan space yang tersedia tanpa harus membuka situs www.cliclink.com.


Setelah proses ini selesai, silahkan login ke www.blogger.com, selanjutnya klik "Dasbor", kemudian "Tata letak", lalu klik "Tambah widget". Paste kedua kode tadi (kode script kalender dan kode html jam) yang sebelumnya telah disimpan pada notepad. Agar tampilannya lebih bagus dan posisinya tepat berada di tengah, pada bagian atas dari kedua kode tadi tambahkan kode <center> dan pada bagian akhir setelah kedua kode tersebut tambahkan kode </center>. Silahkan lihat hasilnya dengan mengklik "Lihat blog". Jika ukurannya masih belum sesuai, terutama ukuran jam digital, klik simbol "obeng dan tang", setelah halaman kofigurasi kode java script dan html terbuka, ganti sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Saya sarankan ukuran jam disetting width = 100 dan height =100. Dengan ukuran 100 : 100, jam digital tidak terlalu besar dan akan sesuai dengan model kalender.
Selesai, selamat mencoba semoga sukses.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

10 komentar to “TUTORIAL PASANG KALENDER DAN JAM DIGITAL”

Heriza Saputra mengatakan...
on 

kayanya perlu dipasang juga ni pak di blog saya, waktu adalah uang. he..he.he

blog buat bloggers mengatakan...
on 

bang gimana menyimpan postingan pada link:
mis: http://nana-nana blogspot.com/tutotial/sial
nah untuk mengisi postingan ke halaman /link itu gimana crnya? klo ridlo memberikan ilmunya kirim via email ke amuymulya@yahoo.com

Arry_tan mengatakan...
on 

aq berhasil pasang jamnya mas, makasi yah......

nurajija mengatakan...
on 

keren..............................

ghof_ mengatakan...
on 

dicoba dulu ahhh biar blogna kerenn....

BIOCLUB - Al Com mengatakan...
on 

langsung dicoba.....

Unknown mengatakan...
on 

terima kasih,,untung ada pemberitahuan ini

Anonim mengatakan...
on 

makasih tutornya mas...

andi kosim mengatakan...
on 

wah..............klu mash pake blog yang lama gimana gan? apa bisa juga ganti jam? masalahnya udah tak coba tapi gak bisa!

M. Khasan Marzuki mengatakan...
on 

OK gan izin Nyedoot ilmunya XD

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template