MENGENAL DUNIA BLOGGING

Bagi yang sering bersentuhan dengan internet, dunia blogging mungkin hal yang tidak asing lagi bagi mereka. Walaupun sebenarnya tidak bisa dikatakan semua, karena banyak juga orang yang justru sebab pekerjaan, mengaharuskannya untuk konsentrasi penuh dengan aktifitasnya di depan komputer (terkoneksi dengan internet) dari mulai masuk sampai pulang kantor, sehingga tidak memiliki waktu yang cukup melakukan jalan-jalan (browsing) di dunia maya. Jadilah dia juga tidak mengerti seluk beluk blogging, apalagi mereka yang memang bertempat tinggal jauh dari hiruk-pikuknya kota dimana akses internet boleh dikatakan masih sangat terbatas. Blogging berasal dari kata dasar blog, yang artinya, situs atau web yang sifatnya lebih pribadi (walupun tidak semua web blog seperti itu), menjadi tempat bagi pemiliknya menuangkan berbagai ide dalam bentuk tulisan untuk diketahui orang lain.


Blogging sendiri bermakna aktifitas yang berhubungan dengan pemanfaatan blog sebagai sarana bertukar informasi sesama blogger (pengguna blog). Bisa dalam bentuk tukar menukar informasi seputar dunia blog, atau hal-hal lain yang erat kaitannya dengan tips dan trik blogging, atau apa saja. Dalam perkembangannya, pemanfaatan blog ini merambah lebih jauh menyentuh berbagai aktifitas manusia di dunia nyata, seperti pengembangan hobi, sarana aktualisasi diri, informasi teknologi, pariwisata, agama, politik, bahkan merambah dunia bisnis. Blog hari ini banyak mengisi ruang-ruang penting berbagai aktifitas orang-orang yang suka dan hobi memanfaatkan web blog dalam menunjang rutinitas kesehariannya. Bahkan seorang Obama, dalam usahanya menuju White House (kursi presiden Amerika Serikat), juga tidak luput memanfaatkan web blog. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa dunia blogging hari ini memiliki arti dan peranan yang cukup penting mewarnai perjalanan hidup hampir sebagian besar orang yang hidup di kota-kota besar, dengan variasi umur dan latar belakang yang berbeda-beda.

Bagaimana dengan anda, sudahkah anda mengetahuinya?, atau sebaliknya tidak tahu bahkan buta sama sekali dengan dunia blogging?. Kalau jawabannya ya, maka sudah saatnya anda mencoba untuk mengetahui apa sebenarnya dunia blogging, bagaimana memulainya. Siapa tau melalui wadah web blog anda dapat mengaktualisasikan diri anda dengan lebih baik, apalagi jika anda memiliki bakat dalam menulis atau memiliki pengetahuan mengenai apa saja yang dapat anda share dengan orang lain menggunakan blog. Mengenai bagaimana memulai kegiatan blogging ini akan saya bahas pada srtikel berikutnya.

Sekedar informasi, apa yang akan saya tulis di sini bukan teori baku yang dikopi paste dari buku, tetapi tulisan saya berdasarkan pengalaman pribadi selama kurang lebih setahun menekuni dunia blogging, yang coba saya padukan dengan pengalaman orang-orang yang lebih dulu berkecimpung di dunia blogging. Sehingga tips atau trik yang saya sampaikan dapat langsung dipraktekkan tanpa harus membaca buku untuk mengetahui teorinya. Wadah ini juga akan saya jadikan sarana berdiskusi atau tukar pengalaman, terutama kepada para blogger senior yang telah banyak makan asam garam dan pahitnya getirnya menjadi blogger. Semoga blog sederhana ini dapat menjadi setitik cahaya yang bisa memandu anda yang masih kategori pemula dalam memulai hobi sebagai seorang blogger.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

1
acakadut mengatakan...
on 

cara nya memberikan hiasan di sekitar kanan dan kiri blogg bagaimana pak???
tolong ilmunya... ajari saya untuk bisa... makasih.

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template