TRIK CEPAT MENDAPATKAN PAGE RANKING GOOGLE

Page Ranking, adalah sebuah kalimat yang sangat lekat dengan mereka yang berkecimpun dalam dunia blogging dan seluk beluk blogging. Kalimat ini bukan sekedar istilah, tetapi merupakan bentuk penghargaan yang diberikan oleh Mbah Google kepada sebuah blog, dimana parameter yang di gunakannya bagi sebagian besar blogger kadang menjadi misteri yang sulit diungkap secara pasti. Tidak sedikit yang bertanya-tanya dalam hati, apa sih sebenarnya kriteria baku sebuah blog diberikan page ranking oleh Google?. Dari sinilah kemudian benyak analisa bermunculan di kalangan blogger, bahkan menjadikannya cabang ilmu dalam menekuni aktifitas blogging yang sering kita dengar dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).

Dua hari yang lalu, seperti biasa, Mbah Google kembali melakukan update ranking secara besar-besaran. Bisa ditebak, banyak blogger yang bergembira karena blognya mendapatkan page ranking, ada yang harus bersabar karena blognya belum masuk dalam standar Google untuk diberi peringkat, bahkan ada yang bersedih bahkan kecewa karena diharuskan menerima kenyataan blognya dibantai oleh Mbah Google dengan menghilangkan peringkatnya.

Dari sekian banyak blogger, saya mungkin termasuk di antara sekian blogger yang bergembira. Sebabnya adalah, karena blog sederhana yang baru saya launching bulan April 2009 ini diberi page ranking 2 oleh Mbah Google (bukan KKN lho!!!). Bahkan, saya baru mendaftarkan blog ini pada mesin pencari Google seminggu setelah menulis beberapa artikel. Saya tentu sangat senang dengan anugerah ini, tetapi juga kaget, bercampur heran dibuatnya. Pasalnya, blog ini masih sangat baru dan masih seumur jagung. Artikel pertama saya posting tanggal 16 April 2009. Artinya, jika dihitung-hitung berdasarkan perhitungan kalender, blog ini baru berusia sekitar 44 hari pertanggal hari ini (30 Mei 2009). Saya kemudian coba merenung-renung, "kok bisa ya?, blog seumur jagung seperti ini, jumlah artikel yang tidak seberapa, back link juga baru 21, pengunjung baru 2.344, page view 4.848 dan segudang kekurangan lainnya, diberi page ranking 2". Tapi itulah Mbah Google, semua memang serba serba abu-abu dan sulit ditebak. Tetapi yang pasti, sejak memutuskan membuat blog ini, dari awal saya memang mencoba mengikuti Standar Operating Procedure (SOP) seperti yang banyak dianjurkan oleh para master, yaitu dengan menerapkan teknik dasar Search Engine Optimization (SEO).

Nah sahabat sekalian, mungkin ada di antara sahabat blogger, terutama blogger pemula seperti saya yang ingin mengikuti langkah-langkah yang saya lakukan dalam mengembangkan blognya. Maka pada kesempatan ini, saya ingin berbagi kepada sahabat semua seperti apa langkah optimasi yang saya lakukan.

Sebenarnya, tips atau trik ini sudah pernah saya sampaikan sebelumnya pada artikel dengan judul "Tips Cepat terindeks di Google". Untuk menyegarkan kembai ingatan sahabat, silahkan klik di sini untuk membacanya lagi.
Pada kesempatan ini saya hanya ingin menambah beberapa langkah yang saya lakukan, terutama saat menulis artikel. Apa yang saya sampaikan ini sesuai dengan pengalaman saya selama satu bulan lebih mengembangkan blog ini. Beberapa langkah tersebut adalah :

Pertama

Jika blog sahabat merupakan blog baru, saya sarankan jangan terburu-buru mendaftarkannya pada search enggine Google sebelum teroptimasi sesuai dengan prinsip-prinsip dasar SEO. Langkah-langkah optimasi, panduannya bisa sahabat ikuti pada artikel Tips Cepat Terindeks di Google. Cobalah menuliskan tiga artikel yang sesuai dengan prinsip-prinsip dasar SEO sebelum mendaftarkan blog sahabat ke mesin pencari.

Kedua

Pemilihan keyword yang akan dibidik, penggunaan meta tag, memegang peranan penting dan cukup menentukan cepat tidaknya blog sahabat terindek pada mesin pencari Google. Oleh karena itu, kita harus cerdik sekaligus cerdas dalam memilih kata kunci (keyword). Pilihlah kata kunci yang tidak terlalu banyak digunakan para blogger, terutama para master SEO. Untuk itu lakukan observasi terlebih dahulu dengan melakukan searching menggunakan kata kunci tersebut sebelum memutuskan memilihnya. Apa maksudnya, hal ini untuk mengetahui tingkat persaingan penggunaan kata kunci tersebut. Tentu akan sangat tidak berimbang, jika sebagai blogger baru (pemula) dengan ilmu seluk-beluk blogging yang miskin, mencoba bersaing dengan para senior apalagi master SEO. Jumlah kata kunci berdasarkan pengalaman saya, jangan terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Saya anjurkan pilihlah 6 kata kunci saja.

Ketiga

Pilihlah judul artikel yang SEO friendly sehingga membantu mempercepat terindeks di google. Judul artikel sedapat mungkin berkaitan erat dengan materi yang akan menjadi isi artikel. Kesimpulannya, judul harus menggambarkan isi. Untuk mengetahui artikel yang baru ditulis apakah terindeks atau tidak pada mesin pencari Google, setelah selesai menulis, lakukan searching dengan menggunakan judul artikel tersebut. Hal ini paling tidak dapat memberi informasi di halaman berapa artikel tersebut terindeks atau justru tidak sama sekali.

Keempat

Dalam menulis artikel, tempatkan keyword (kata kunci) pada paragraf awal, tengah dan akhir artikel. Khusus untuk paragraf awal, upayakan dalam 100 kata pertama, dan rangkai kalimat yang benar-benar pas dan match dengan kata kunci tersebut. Hindari menempatkan jumlah kata kunci yang berlebihan dalam setiap artikel, karena tindakan seperti itu dapat dianggap spam oleh Google. Dalam menulis artikel, tulislah artikel yang benar-benar bermutu dan dibutuhkan orang lain. Dengan demikian pengunjung akan dengan sukarela memberikan komentar terhadap artikel yang sahabat tulis tanpa harus menghiba atau menulis pesan khusus agar mereka memberi komentar pada artikel tersebut.

Kelima

Sebagai syarat untuk mendapatkan page ranking, blog harus memiliki back link (link balik) dari blog blogger lain. Bertukar linklah dengan sesama blogger, lebih baik jika blog dengan topik sejenis dan memiliki page ranking, lebih besar page rankingnya tentu lebih bagus.

Keenam

Sebagai langkah awal dalam upaya memperkenalkan blog sebelum terindeks pada mesin pencari, tentu harus dengan aktifitas blogwalking. Karena itu siapkan waktu paling sedikit satu jam untuk melakukan blogwalking setiap hari. Upayakan mendapatkan pengunjung blog paling sedikit 50 pengunjung perhari, sebanyak-banyaknya tentu akan lebih baik, dengan catatan, aktifitas blogwalking jangan sampai membuat sahabat lupa malakukan update yan teratur. Karena bagaimanapun juga, pengunjung yang datang dari search engine jauh lebih baik dari pada yang diperoleh dari blogwalking. Mengapa?, karena pengunjung yang datang dari search engine, karena mereka butuh informasi, dan alangkah bagusnya jika informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh di blog sahabat.

Nah sahabat, silahkan lakukan langkah-langkah optimasi agar apa yang sahabat cita-citakan dapat tercapai. Kiranya artikel ini dapat menjadi inspirasi dalam menekuni aktifitas blogging. Tentu untuk menjadi seorang master atau apapun namanya dalam dunia blogging, dibutuhkan keuletan, kesungguhan dan semangat pantang menyerah untuk terus belajar. Karena tidak ada hasil yang baik tanpa usaha dan kerja keras. Selamat mencoba semoga sukses.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

73 komentar to “TRIK CEPAT MENDAPATKAN PAGE RANKING GOOGLE”

Amelia mengatakan...
on 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Amelia mengatakan...
on 

Waw.. keren juga ya ^_^ saya pertama buat ini lebih lama dari om lo.. tgl 1 April.. tapi masukkin keywordnya baru 1 minggu yang lalu.. hauhuahua soalnya 1 minggu yg lalu baru tau apa itu keyword.. dpr Page Rank 1.. lumayan ^_^
coba mampir ke 2 blog saya ya.. yg satunya dapet PR1, yang satunya nggak jelas..

http://buxbag.blogspot.com
http://share-everthings.blogspot.com
kl nggak keberatan.. kasih komen juga ya gmn blog saya itu >_< maklum newbie..

Hack-B mengatakan...
on 

thanks,,,

link exchange nya mas...

http://www.om-boby.co.cc

Seri mengatakan...
on 

ya betul tu tapi aq heran blog yg aq komen tu baru lebih 2 bulan visitor ngak sampe 200 kok bisa dapat pr1. gimana caranya yah.

RanggaGoBloG mengatakan...
on 

waaaaaaaaaa... lengkap cuuuy.....

Unknown mengatakan...
on 

hebat sobat...44 hari langsung PR 2 mantab tuh...salam sukses sobat

Fiddin Yusfida A'la mengatakan...
on 

hehehe, asyik om blognya

Unknown mengatakan...
on 

mantap bang, wah bs jadi webmaster nih. teruskan beramalnya yah. sekedar info ada sebuah kontes belajar SEO para pemula, klo merasa pemula ikutan yah klo sudah master ngga usah ikut. hehehe

Unknown mengatakan...
on 

Bagus banget om artikelnya, makasih ya.
Blogku baru dapat PR 1.
http://heryanto-h2o.blogspot.com

Yudie mengatakan...
on 

makasih infonya sob... jadi lebih semangat...
selama ini aku gak pernah mikirin yang namanya PR, Alexa Rank atopun SEO...ternyata penting juga yaaa...

Nadhia mengatakan...
on 

makasih infonya sobat, wah harus banyak belajar neeh... daftar jadi murid suhu

FATAMORGANA mengatakan...
on 

nice post,... sebuah pembelajaran bermakna.

admin mengatakan...
on 

info brmanfat nih sob..walaupun emang kadng sulit membuat postingan yang bnar2 brkualitas, gmana mw buat yang berkualitas klo g ada acauan atw refernsi, yah paling tidak blog sobat bisa jdi acuannya lah.. (memuji mode :ON) he2x...

S.BAHRY.B mengatakan...
on 

Saya sih sebenarnya juga tidak menyangka bisa seperti ini, cuman saya berusaha mengikuti apa kata orang pinter ngeblog. Kata kuncinya adalah belajar dan terus belajar.

dian mengatakan...
on 

info yang sangat berharga

Erwin Y mengatakan...
on 

betul mas bahry..tetap belajar dan terus belajar..:)

Franky mengatakan...
on 

info yang bermanfaat.Selamat atas pencapaian PR 2 anda

Anto Sugiyanto mengatakan...
on 

bagus mas info nya.. selamat ya udah dapet PR2..
oh iya mas ini buat komentarnya blum ada buat yg pake Nama dan alamat URL ya?
jd saya tulis dsini aja ya mas...
anto
(antosugiyanto.com)

Anonim mengatakan...
on 

wahhh, nice info...
keep good post!!

kang dwi mengatakan...
on 

lengkap banget infonya, ampe lupa lagi
xi.xi.xi

Anonim mengatakan...
on 

Wah... makasih banyak pak atas segala infonya...

HERI SETIAWAN mengatakan...
on 

boz. keyword tuh di aturnya dmn sih .hee mklum pemula nih. mohon pencerahannya,, klo dah d jwb mampir k blog q ya. byr tau klo dah d jwab.hee mlh ngreptin nih.

Anonim mengatakan...
on 

excelllent bro...

Unknown mengatakan...
on 

PR ku malah ga naik2 gara2 ikut "Do Follow".
Hikz..!!!

Bima Aria Shiddiq mengatakan...
on 

Waw Berguna sekali! terimakasih banyak utk infonya!

Farrell De Mohammad mengatakan...
on 

aku punya blog cuma untuk cerita aja kegiatan anakku..daftar GA juga cuma iseng aja karena blogku pake bhs inggris..katanya GA cuma diterima kalo blognya pake bhs inggris..sebenernya blog ini dibuat thn 2007 cuma gak pernah aku update lagi karena aku sibuk dengan blogku yg lain..bulan march kemaren blog yg aku yg jadi tempat tongkronganku kehapus tambah sengaja..akhirnya blog anakku yg jadi tongkrongannku sekarang..bulan march pertama kali aku update lagi di blog anakku..aku langsung dapet pr2..setelah dua minggu nol lagi..baru akhir bulan april aku dapet pr2 lagi..yg aku tau sih aku rajin banget blogwalking..makanya aku kembali dapet pr2..kok jadi kayak curhat gini sih aku hehehe...

Bandit Kesiangan mengatakan...
on 

thx buat infonya pak.. masih awam nih jadi sering baca ini.

badrun mengatakan...
on 

tidak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu. Belajar terus ya Badrun

Admin mengatakan...
on 

Wahhhh
Komplit pakai Telorrr

viruscinta18 mengatakan...
on 

page rank punya ku koq mendadak jadi nol ya, padahal sempat dapatin rank 2,...wah..bisa gitu?...salam dan tetap semagat...

Anonim mengatakan...
on 

info menarik

Anonim mengatakan...
on 

salam kenal.. iya nih blogku juga kena page rank 1 .. alhamdulillah .. ga teu nih google kok bisa ya ...

Thesa mengatakan...
on 

beristirahat sejenak sambil baca2, sob semua mampir ke blog saya yaa...

Awal Sholeh mengatakan...
on 

mantap infonya sop. artikel saya baru 1 mas yang sering dibaca dan lumayan bantu SEO. itu dari pengalaman pribadi. dan untungnya itu juga banyak dibutuhin. matur suwun. salam persahabatan.

http://awalsholeh.blogspot.com/

novi andi mengatakan...
on 

terimaksih sobat atas infonya ini sangat akan membantu saya di bdang yang baru ini buat saya,. gd lck sobat,..

Kejadian Nyeleneh Ada di Mana - Mana mengatakan...
on 

bagus postingannya sayang q ga gitu ngerti :)...

Merry mengatakan...
on 

WAH INFO BAGUS NIH BUAT PEMULA SEPERTIKU. THANKS BUNG

Mas Donda mengatakan...
on 

Hem...blog aku dah lama tp baru diupdate mulai bln kemaren...PR masih ndol...GBL itu google back link yah? Caranya biar GBL banyak gimana seh?

Anonim mengatakan...
on 

Thanks ya utk sharing ilmux.
Mau dicoba dulu, maklum.. msh pemula.
See U later.. :)

nahdan mengatakan...
on 

genius... terkadang sebuah jalan keluar tidak selalu keluar dari seorang master tapi dari seorang guru seperti anda...

TERIMA KASIH

D U WANT MY JUICE with good pagerank...? www.thejuicery.net

How Much It Cost mengatakan...
on 

selamat ya kang...aku cuma dpt haiah PR1, kmrn pas update umur blog pas 3 minggu

Anonim mengatakan...
on 

wah akang mah ebat...
kalo saya dari pagerank 3 ke pentung ampe pagerank 1 gara-gra ikut blog repiew

Summase Sanjaya mengatakan...
on 

Kalau gitu, blogwalking nih, tapi bagaimana ya agar blog bisa dapat rangking bagus di Alexa? soalnya beberapa job review menghendaki blog yang peringkat 500.000 ke bawah, blog saya sudah setahun ngga pernah di bawah sejuta

ditayuwinda mengatakan...
on 

Thank's infonya

shanty mengatakan...
on 

wah hebat aq ja bru dpt PR1 stelah 4 bulan
http://www.itfornews.com/

makasih infonya.........

hidup berawal dari mimpi mengatakan...
on 

waaa keren informasinya...thanks ya

How Much It Cost mengatakan...
on 

thanks buat dhare ilmunya

Unknown mengatakan...
on 

Maksih atas infonya,.........makin bersemnagat lagi.... menaikan PR

S.BAHRY.B mengatakan...
on 

Sebelum memberikan respon atas beragam komentar sahabat berikan pada artikel ini, terlebih dahulu saya ucapkan banyak terima kasih. Jelas nampak disini bahwa kepedulian akan pega ranking blog masing2 menjadi cukup penting dan signifikan bagi seorang blogger. Berikut saya akan coba memberi respon atas beberapa komentar yang telah diberikan. Maaf kalau respon saya tidak terlalu mengena dan sesuai dengan keingan sahabat blogger. Tentu hal ini bisa dimaklumi karena sekali lagi, saya juga adalah new blogger, bukan master apalagi suhu seperti kata beberapa sahabat dalam komentarnya. Sebelum itu saya perlu tekankan kembali bahwa apa yang saya tulis dalam artikel ini murni pengalaman pribadi selama ngeblog. Jadi bukan sesuatu yang mengada-ada. Tidak ada trik istimewa untuk mencapai page ranking 2 sebagaimana yang sahabat lihat.

Alang : Penjelasan saya mengenai penempatan keyword saya kira sangat jelas, silahkan baca kembali artikelnya.

Rinto : Wah anda lebih hebat karena dalam tiga minggu sudah dapat PR1, silahkan bagi triknya biar sahabat lain bisa mengikuti anda.

Gila naruto : Setahu saya PR yang anjlok selama ini karena sang empunya blog mengikuti paid review. Konon Mbah Google paling tidak suka dengan paid review.

Summase Sanjaya : Yang saya tahu, salah satu cara meningkatkan page ranking alexa adalah gunakan tool bar dan sparky alexa pada browser sahabat, dan tentunya blogwalking. Karena PR alexa hampir tiap hari diupdate, cobalah pertahankan pengunjung blog sahabat tiap hari dengan blogwalking.

Shanty : PR1 setelah 4 bulan. COba ikuti apa yang telah saya sampaikan pada artikel di atas.

Putra Nyeleneh : Saya justru bingung dengan anda. Bagaimana anda bisa bilang artikel di atas bagus padahal anda gak ngerti. Sebaiknya lain kali kalau anda hanya bisa berkomentar seperti itu, mungkin jauh lebih baik jika anda tidak berkomentar. Thanks kunjungannya, dan komentarnya yang nyeleneh, cocok dengan nama anda.

remoxp mengatakan...
on 

Mantappp sob,,, saya lg gencar-gemcarnya ne promosi blog,,, hehehehe

Aku Tidak Juga Kau mengatakan...
on 

Saya kurang begitu paham dengan SEO. Yang saya tahu, banyak orang yg membubuhkan kata 'free' atau 'gratis' saat mencari sesuatu dg mesin pencari. Bnyak blogger yang membidik kata kunci yg brkaitan dg momen trtentu (kasus manohara misalnya). Tapi ada juga yg mndapatkn pr krna rajin blogwalking (tanpa harus susah2 memikirkan SEO). Jika ditanya, dari mana pengunjung blog Anda dtang? jwban umumnya adalah shoutmix, cbox, kotak chat, kotak komentar dsb (apakah ada yang dari mesin pencari? ada pasti, tapi tak banyak). btw, artikelnya bagus Mas, sebuah motivasi tuk trus berkreasi :)


Salam

Top Download mengatakan...
on 

nice

Ahwardhana mengatakan...
on 

makasih infony mas..ada tips yg blm dipraktekin nih..hehe
---------
Berbagi Informasi dan Pengalaman

Denny mengatakan...
on 

keren2 walau berkesan simple, tapi mengena nih triknya..

terima kasih pak.. :)

Alice Phua mengatakan...
on 

Tahniah kerana mendapat page rank 2/10 walaupun blog baru berumur 2-3 bulan! Saya baru mencapai page rank 2/10 setelah blogging selama 8-9 bulan.

Anonim mengatakan...
on 

Info yang menarik sobat.. perlu di tindak lanjuti...

Anonim mengatakan...
on 

Tutorialnya sangat jelas. komunikatif n mudah dicerna.. tinggal praktek. hehee..

Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd mengatakan...
on 

sepakat !!!!

April mengatakan...
on 

Artikel ini sangat cocok buat blogger pemula separti saya...tahnk's sob.

rikixy' Site mengatakan...
on 

bos tukaran link dong http://blognyabisnis.blogspot.com

Admin mengatakan...
on 

Makasi infonya mas.

Efraim Christoni mengatakan...
on 

makasih bangeeett infonya...

saya blogger baru.
echristoni.blogspot.com

anandayunade mengatakan...
on 

bos,thanks infonya...tapi bos blog saya membahas cara bikin virus...kira-kira bakal banyak pengunjung gak ? Kawan-kawan kalau nganggur datang ke blog ku yach,beri komentar tentang artikel yang aku tulis...blog ku http://anandayunade.blogspot.com

anandayunade mengatakan...
on 

bos,thanks infonya...tapi bos blog saya membahas cara bikin virus...kira-kira bakal banyak pengunjung gak ? Kawan-kawan kalau nganggur datang ke blog ku yach,beri komentar tentang artikel yang aku tulis...blog ku http://anandayunade.blogspot.com

erwin mengatakan...
on 

membuat saya tersadar dan semakin mengerti teknik agar dapet pengunjung dan dapet PR tinggi.. thankz gan

Anonim mengatakan...
on 

wah trikny keren dan bermanfaat banget......
sobat-sobat sempatkan mampir diblogku yaw n jangan lupa beri komentar..........

http://n4ta.wordpress.com

Seven7side mengatakan...
on 

mantab om postingannya...

aanrusdi mengatakan...
on 

thans boz buat infonya...
salam kenal ja...
guwe blogger pemula...
kalo mau mampir aja di blog q (mbahas tantang hack lho)....

http://www.aanrusdi.blogspot.com

ebooks free mengatakan...
on 

Thanks bro atas infonya, sangat berguna bagi newbie seperti saya, dan mohon dukungan untuk http://www.webdara.com

penulis mengatakan...
on 

makasih infonya

Otto Aristho mengatakan...
on 

muatep om,

http://ottomaggotz.blogspot.com/

buat design mengatakan...
on 

nice info . .
please correct my blog. .
http//designarma.blogspot.com

jono mengatakan...
on 

Mantap sob, tanks newbloging.com

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template