IDE DASAR DAN TAHAPAN-TAHAPAN MEMBUAT BLOG

Blogger adalah sebutan bagi seseorang yang suka atau hobi mengutak-atik web blog. Dalam dunia blogging dan seluk beluk blogging, dikenal dua macam istilah bagi mereka yang memiliki hobi ngeblog (istilah gaulnya), yaitu new blogger (blogger baru) dan blogger senior atau sering disebut master blog. New blogger sendiri merupakan penggambaran bagi mereka yang baru memasuki dunia blogging, dan sebaliknya master blog adalah predikat bagi yang sudah lama dan berpengalaman. Sebagai seorang blogger, apakah itu new blogger atau master blog, pernahkah terlintas di fikiran anda, seberapa pentingnya ide dasar dalam pembuatan web blog?. Pertanyaan ini penting untuk dikemukakan sebab, ide dasar inilah nantinya yang akan menjadi ciri bahkan ruh dari blog anda. jika salah dalam menentukan ide, maka dapat dibayangkan web blog anda menjadi tidak jelas ke mana arah dan tujuannya.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit berbagi dengan sahabat-sahabat blogger khususnya new blogger, bagaimana menentukan ide dasar dan tahapan dalam membuat web blog. Tapi sebelum sampai pada tahap penentuan ide dasar dan pembuatan web blog, yang harus dipahami lebih dahulu adalah, apa sebenarnya prinsip dasar dan tujuan web blog itu dibuat?. Menurut saya, dari pengalaman selama beberapa bulan menekuni dunia blogging, web blog sesungguhnya adalah media atau sarana apresiasi dan aktualisasi diri bagi pamiliknya. Bentuk apresiasi dan aktualisasi diri ini diwujudkan dalam tulisan (artikel) yang isinya memberi gambaran kepada pembaca atau pengunjung blog akan jati diri serta karakter pemilik web blog. Melalui web blog seseorang dapat menulis apa saja tentang dirinya, bisa berupa pengalaman hidup, pekerjaan, hobi, atau apa saja yang dapat disampaikan kepada orang lain, dalam hal ini pengunjung atau pembaca. Kesimpulannya, web blog dapat digunakan untuk apa saja tergantung dari keinginan pemiliknya.

Dalam perkembangannya, penggunaan web blog merambah ke berbagai dimensi kehidupan , mulai dari sekedar sarana menulis pengalaman pribadi, atau menjadi tempat pelampiasan hobi menulis, sampai pada pemanfaatannya untuk kepentingan politik, bisnis, menyampaikan dakwah, main game dan lain-lain. Singkat kata, penggunaan web blog telah merambah ke berbagai sektor, dan realitas hari ini menunjukkan bahwa tidak satupun dari sisi kehidupan manusia yang luput dari penggunaan web site lebih khusus web blog.

Bertitik tolak dari hal tersebut di atas, maka menentukan ide dasar dalam pembuatan sebuah web blog menjadi penting adanya. Ide dasar inilah yang akan menjadi inspirasi sekaligus mengilhami sang blogger untuk mengembangkan web blognya dari waktu ke waktu untuk mencapai tujuan yang dicita-citakannya. Contoh kongkrit menentukan ide dasar pembuatan sebuah web blog seperti misalnya, blog sebagai tempat menuangkan ide, penyaluran hobi, sabagai sarana informasi atau berita, blog bisnis, musik, game, politik, pariwisata, travel, kesehatan dan banyak lagi ide-ide dasar lainnya.

Setelah penentuan ide dasar, langkah selanjutnya adalah pemilihan bahasa. Dalam menetukan pilihan bahasa yang akan digunakan pada web blog, variabel yang juga harus diperhatikan adalah target pembaca. Jika target pembaca blog anda adalah pembaca dalam negeri, maka pilihlah bahasa Indonesia, dan jika targetnya pembaca luar negeri, maka tentu saja harus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan internasional. Anda tidak perlu latah menggunakan bahasa Inggris hanya karena pertimbangan sempit seperti misalnya, web blog berbahasa Indonesia tidak dapat didaftarkan untuk mengikuti program pay per clicknya google. Saya menemukan banyak blogger yang punya prinsip seperti ini. Padahal kalau hanya pertimbangan itu, selain google, masih banyak penyelenggara program PPC yang bisa diikuti dengan web blog berbahasa Indonesia.

Tahapan selanjutnya adalah pemilihan judul dan deskripsi blog. Judul dan diskripsi blog akan sangat bermanfaat dalam memberikan informasi kepada pengunjung, sebelum pengunjung tersebut memutuskan membaca atau tidak artikel di dalam web blog anda. Karena itu pemberian judul serta penulisan deskripsi blog adalah kata kunci yang memiliki peran cukup penting untuk manarik minat pengunjung membaca artikel yang anda tulis. Ingat, pengunjung dan pembaca merupakan dua hal yang berbeda. Pembaca sudah pasti pengunjung, tetapi pengunjung belum tentu pembaca, oleh karena itu sebagai seorang blogger, fokus kita adalah mengejar pembaca, bukan sekedar pengunjung.

Setelah tahapan ini selesai, tahapan berikutnya adalah disain blog yang meliputi tata letak atau lay out. Disain web blog yang menarik akan membuat pengunjung betah dan akan berlama-lama di blog anda. Kata kunci dalam medisain blog ada pada pemilihan templatenya. Banyak pilihan template yang bisa digunakan, dan untuk mengetahuinya, baca kembali artikel panduan membuat blog, dan untuk itu silahkan klik di sini, atau anda juga bisa mengunjungi situs penyedia template gratis seperti www.eblogtemplates.com.

Tahapan berikutnya adalah posting artikel. Tulislah artikel dengan terlebih dahulu memilih judul yang menarik, kominikatif, informatif, sehingga membuat pengunjung tertarik. Gunakan bahasa yang mudah dipahami, tuangkan ide dasar yang merupakan ruh atau jiwa dari blog anda dalam bentuk tulisan atau artikel yang memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Dengan begitu, blog anda akan mudah diingat oleh pengunjung, dan bukan tidak mungkin akan menjadi pembaca setia blog anda.

Langkah terakhir adalah publish blog yang telah dibuat sehingga orang di luar sana mengetahui eksistensi atau keberadaan anda. Ingat, sehebat apapun ide yang dituangkan dalam membuat blog, secantik apapun disainnya, sebagus apapun artikel yang anda tulis di dalamnya, semua itu menjadi tidak memiliki arti apa-apa jika hanya anda sendiri yang mengetahuinya. Publikasi dilakukan dengan tujuan agar orang lain tau siapa anda dan tentu saja blog anda. Sebisa mungkin pahami teknik dasar Search Engine Optimization (SEO) sebelum mendaftarkan web blog anda ke search engine seperti google , yahoo, MSN dan lain-lain agar web blog anda secepatnya terindeks, dan tentu saja dengan begitu semakin terbuka peluang orang lain mengetahui keberadaan blog anda. Teknik dasar SEO dapat anda temukah pada artikel Tips Cepat Terindeks di Google. Silahkan klik di sini untuk membacanya kembali.

Selamat mencoba semoga sukses.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

4 komentar to “IDE DASAR DAN TAHAPAN-TAHAPAN MEMBUAT BLOG”

JO mengatakan...
on 

mantep bang, informasi bagus buat siapa aja nih.

S.BAHRY.B mengatakan...
on 

Hm, bisa aja JengSri ini, itu mah biasa, sekedar menumpahkan unek-unek aja. Daripada gak ada kerjaan, kan lebih baik menulis he he he

Bunda Alfi mengatakan...
on 

Curhat ah...Jadi ingat dulu waktu sy belum mengenal blogging...aku yg benar2 gaptek bnget di dunia internet,dng keberanianku ..aku mencoba mencari2 sendiri tanpa teman blogging sama sekali untuk membuat blog .hampir setahun aku belajar dan mencari tahu trus gimana caranya supaya blogku bagus seperti punya orng.sampai punyeeeng banget .wong read more aja kodenya tahu baru satu minggu ini.pdhal bikin blog dah lama bnget.akhirnya aku bikin chatbox baru deh mengenal para blogging lainnya dan pengalaman & wawasan tambah bnyk,jd kesimpulannya tdk ada orng bodoh di dunia ini tapi hanya ada orng yg malas.

wafyes mengatakan...
on 

manteb bner pak infonya,,,
ijin menyimak :)

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template