TIPS MENAMPILKAN KODE HTML PADA POSTINGAN

Bagi sahabat blogger yang baru saja menekuni dunia blogging, awam atau buta sama sekali dengan bahasa program, biasanya akan mengalami kesulitan saat akan menuliskan suatu ide atau gagasan yang akan disampaikan kepada sesama blogger melalui artikel yang akan ditulisya, jika artikel itu berhubungan dengan cara menampilkan kode HTML pada halaman posting. Dalam dunia blogging, hal-hal seperti ini bisa menjadi kendala yang cukup berarti, dan dapat membuat seseorang frustasi, bahkan mungkin patah semangat untuk melanjutkan menekuni hobi barunya sebagai seorang blogger. Kendala seperti ini bukan sesuatu hal yang tidak mungkin terjadi yang kemudian membuatnya berhenti ditengah jalan. Apa sebab?, karena ternyata, apa yang dibayangkan sebelumnya mengenai dunia blogging yang katanya mudah, justru tidak berbanding lurus dengan realitas yang ditemuinya.

Oleh karena itu, sebagai seorang blogger pemula seperti saya, satu hal yang harus dipahami lebih dahulu saat terjun memulai hobi baru ini, bahwa yang namanya dunia blogging, adalah dunia yang sama sekali tidak dapat dipisahkan dengan penerapan kode HTML, yang sesungguhnya memang merupakan basicnya. Karena itu, secara perlahan-lahan, harus ada upaya sebagai seorang blogger pemula untuk mau belajar dan terus belajar meningkatkan pengetahuannya mengenai seluk-beluk penerapan kode HTML ini.

Bertitik tolak dari uraian tersebut di atas, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi dengan sahabat blogger khususnya blogger pemula, mengenai cara mengatasi kesulitan menampilkan kode HTML pada halaman posting, tanpa harus menguasai seluk-beluk kode HTML. Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa untuk menampilkan kode HTML pada halaman posting, ada cara tersendiri dan tidak semudah yang dibayangkan. Mungkin sahabat blogger beranggapan bahwa untuk menampilkan kode HTML pada halaman posting, cukup dengan langsung mengetikkan kode HTML sesuai dengan tombol yang ada pada papan keyboard seperti lazimnya saat menulis artikel. Anggapan seperti ini tentu saja keliru. Setidaknya diperlukan keahlian tersendiri untuk mengetahuinya, dan jika sahabat blogger ingin mempelajarinya secara manual, pasti akan memerlukan waktu yang lama, dan menurut saya tindakan itu hanya buang-buang waktu saja.

Menampilkan kode HTML pada halaman posting seperti misalnya "tanda lebih kecil" (<) atau "tanda lebih besar"(>), tidak dengan serta merta dan secara langsung menekan tombol < atau > dari papan keyboard kita, apalagi jika kode-kode tersebut telah terintegrasi dalam bentuk kode HTML tertentu. Dalam kasus seperti ini, jika pengetikannya tidak dilakukan dengan cara tertentu pula, maka komputer pasti akan menerjemahkannya sebagai perintah, sehingga yang tampil pada halaman posting bukan kode HTML dimaksud tetapi merupakan hasil dari perintah kode HTML tersebut. Padahal, yang dinginkan sebenarnya adalah kode tersebut tampil dalam bentuknya yang asli. Contoh sederhanya seperti ini, misalnya kita ingin menampilkan kode HTML pada halaman posting yang berbentuk link ke www.blogger.com.
Untuk menampilkan bentuk kode link ke www.blogger.com, kodenya seperti ini :

<a href="http://www.blogger.com">www.blogger.com</a>

Penulisan kode ini bila dibahasakan, maka akan menjadi seperti ini :

"tanda lebih kecil", huruf "a", spasi, kemudian "href", tanda "sama dengan", tanda petik ("), kemudian "http", lalu "titik dua", "garis miring" dua kali, lalu "www titik blogger titik com", kemudian tanda petik ("), tanda "lebih besar", selanjutnya www titik blogger titik com, tanda "lebih kecil", kemudian "garis miring", lalu huruf "a", dan diakhiri dengan tanda "lebih besar".

Selanjutnya, jika kode tersebut ingin ditampilkan dalam bentuknya yang asli seperti ini <a href="http://www.blogger.com">www.blogger.com</a>, tetapi kemudian simbol-simbol yang ditekan sama dengan tombol-tombol pada papan keyboard, maka yang akan tampil pada halaman posting adalah www.blogger.com, dimana ini sesungguhnya merupakan link blogger. Kode HTML nya sendiri tidak akan muncul, karena komputer menerjemahkan kode HTML yang dimasukkan sebagai bentuk perintah membuat link. Lalu bagaimana caranya agar kode link ini bisa tampil persis seperti aslinya pada halaman posting?. Caranya seperti ini :


  1. Buka browser baru, pada address bar ketik www.centricle.com, atau jika ingin cepat klik di sini.

  2. Setelah terbuka halaman baru, klik "Tools" lalu klik "Encode/decode html entites". Copi kode HTML yang akan ditampilkan pada halaman posting lalu paste pada kotak yang disediakan. Selanjutnya klik "Encode", lalu tunggu beberapa saat sampai muncul kode baru yang merupakan konversi dari kode HTML yang dimasukkan tadi. Copi kode tersebut lalu paste pada halaman posting, maka kode HTML tersebut akan tampil sesuai dengan bentuknya yang asli.

Sahabat blogger bisa melihat bahwa untuk menampilkan kode HTML sebagaimana penulisannya, kode tersebut harus dikonversi terlebih dahulu. Seperti contoh di atas, kode asli telah dikonversi menjadi kode lain dimana penulisannya sangat jauh berbeda dengan kode sebelumnya. Inilah yang dimaksud dengan cara menampilkan kode HTML pada halaman posting. Cara ini menurut saya cukup praktis dan mudah, dan tentu saja sangat membantu sahabat blogger yang suka mengutak-atik kode HTML. Silahkan klik di sini dan di sini untuk melihat beberapa contoh artikel dalam blog ini yang menampilkan kode HTML pada halaman posting.

Cara menampilkan kode HTML pada halaman posting sebagaimana yang saya paparkan ini, hanyalah salah satu cara dari sekian cara yang ada. Bagi sahabat blogger yang telah berpengalaman dan mengetahui cara lain yang lebih praktis, silahkan berbagi dengan menambahkannya pada kotak komentar.

Selamat mencoba semoga sukses.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

10 komentar to “TIPS MENAMPILKAN KODE HTML PADA POSTINGAN”

Daniel Azhari mengatakan...
on 

Berkunjung.... numpang baca2 artikelnya sambil bersilaturahmi dengan sobat bloggerrr,web/blognya oke banget :) Tukeran link yuk!:)

JengSri mengatakan...
on 

hehehe, udah bisa dong bang. jengsri gitu lho ;)

Bunga mengatakan...
on 

baca2 ah saya paling suka baca artikle

irmasenjaque mengatakan...
on 

aku banget nih....hihihihi,suka nge blog tapi g ngerti bahasa blogingnya.
tapi panjang bgt penjelasannya hihihi.....
nanti aku pelajari ahh....!

wong_GO mengatakan...
on 

Wah...makasih banget...

wong_GO mengatakan...
on 

Saya baru belajar ngeBLOG mas...makasih tip2nya...

vanesacom mengatakan...
on 

ada cara gampang pasang html dalam postingan tinggal copas aja sob!! baca di http://asuindo.blogspot.com/2009/04/cara-meletakkan-code-html-pada.html#links

Lily Ferliansyah mengatakan...
on 

ohh gitu yaaa, ada cara yang simple ga???

bunefey mengatakan...
on 

Teng yu tutornya ya, om , udah aku coba dan bisa, duhh, seneng banget deh, om, berkat tutornya aku jadi tambah ilmu dan tambah pinter soalnya aku lagi belajar ngeblog dan masih harus banyak belajar terus untuk tambah pinter, salam blogging dan salam kenal!

LamCold mengatakan...
on 

bagus ya sob artikelnya

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template