KUPAS TUNTAS BLOGWALKING

Bagi seorang blogger (apalagi blogger pemula seperti saya), blogwalking merupakan kegiatan rutin yang tidak dapat dipisahkan dari aktifitas dalam menekuni dunia bloggging dan seluk-beluk blogging. Kadang-kadang, seorang blogger bisa lupa waktu, lupa makan, lupa pekerjaan, lupa pacar, lupa anak bini (he he he) karena aktifitas ini. Apa sebenarnya blogwalking?. Sebagai salah satu komponen blogging, blogwalking adalah gabungan dua kata dalam bahasa Inggris yaitu "blog = web site gratis" dan "walking = jalan-jalan". Dengan demikian, blogwalking berarti jalan-jalan atau berkunjung ke suatu blog. Dari segi istilah, blogwalking adalah aktifitas yang dilakukan oleh seorang pemilik web blog yang biasa disebut blogger, mengunjungi blog blogger lain dengan tujuan agar pemilik blog yang dikunjungi melakukan kunjungan balasan. Tujuannya adalah agar blog miliknya mendapatkan kunjungan (trafik) yang tinggi. Muara dari aktifitas blogwalking adalah untuk meningkatkan page rangking (PR) blog pada mesin pencari, terutama mesin pencari Google.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai aktifitas blogwalking, terlebih dahulu akan saya sampaikan apa sebenarnya yang meng-inspirasi saya sehingga menulis artike ini?. Beberapa hari yang lalu, saya melakukan aktifitas blogwalking. Seperti biasa, dalam melakukan aktifitas ini, saya meggunakan beberapa jendela (window) untuk memudahkan saya berpindah dari satu blog ke blog lainnya dengan cepat. Untuk meninggalkan jejak pada salah satu blog sahabat, saya kemudian menulis nama saya "Bahry's Blog" pada kotak shoutbox. Ini adalah nama yang sering saya gunakan dalam blogwalking. Selanjutnya saya menulis alamat blog lalu menulis pesan. Saya cukup kaget pada saat menekan tombol kirim, muncul respon dari shoutbox yang kurang lebih artinya seperti ini, "IP anda telah dibanned oleh siempunya blog". Saya kemudian mencatat alamat blog tersebut, nama pemiliknya, kemudian coba berfikir dan bertanya dalam hati "Kenapa ya IP saya dibanned, apa salah saya kira-kira?.

Langkah selanjutnya, saya coba membuka satu demi satu halaman shoutbox blog saya untuk mencari nama sang pemilik blog, dengan tujuan untuk mengetahui, apakah sahabat ini pernah pernah berkunjung ke blog saya atau tidak?. Ternyata benar, beliau pernah berkunjung, bahkan beberapa kali. Tetapi saya tidak habis fikir, kenepa IP saya dibanned. Setahu saya, walaupun tidak semua, sebagian besar pengunjung blog ini selalu saya balas kunjungannya. Fikir demi fikir, akhirnya saya menemukan jawabannya. Dugaan saya, mungkin beliau tersinggung karena nama dan pesan yang saya tulis di kotak bhotbox blognya. Sekedar info buat sahabat blogger, dalam aktifitas blogwalking, saya kadang iseng menulis nama saya dengan "go->blog-koe" mengganti nama "Bahry's Blog" (biar kelihatan lebih uniq dan keren he he he), yang artinya "kunjungi blog saya", serta pesan "sebelum pamit, saya hanya ingin mengucapkan Go->Blog-Koe, ditunggu ya!!! he he he".

Feeling saya mengatakan, mungkin karena penulisan nama dan pesan seperti itu yang membuat beliau marah karena dianggapnya saya mengatai beliau, maaf "Go BloK". Padahal saya tidak bermaksud begitu dan tidak ada sama sekali niatan saya seperti itu. Dengan alasan itulah barangkali sehingga kemudian IP saya dibanned. Putus silaturrahim deh, karena saya tidak mungkin menulis pesan di shoutbox blognya lagi saat berkunjung. Untuk sahabat yang merasa, kalau kebetulan membaca artikel ini, saya mohon maaf. Terus terang saya tidak punya maksud apa-apa dengan menuliskan nama dan pesan seperti itu, kecuali hanya ingin tampil beda dan sedikit uniq biar ada kesan keren dikit (anak gaul gitchu lho!!! ha ha ha), karena, hampir di setiap blog yang saya kunjungi, saya menuliskan nama dan pesan seperti itu (pas kalau sablengnya lagi datang ha ha ha).

Berikutnya, juga beberapa hari yang lalu, saya membaca pesan yang masuk di shoutbox, pemberitahuan dari seorang sahabat bahwa blog saya beruntung karena terpilih sebagai penerima award dari beliau, dan segera diminta mengambilnya. Saya kemudian menelusuri pesan tersebut untuk mengetahui siapa gerangan beliau dan dengan dasar apa beliau memilih saya sebagai penerima award. Bukan apa-apa sih, sekedar ingin tahu saja karena nama ini belum terlalu familiar bagi saya, disamping itu, dari data di shoutbox blog ini, freqwensi kunjungan sobat kita ini ke blog saya juga tidak teralu sering. Di halaman utama blognya saya menemukan gambar award yang di bawahnya terdapat link yang harus dikopi, kemudian beliau minta dipasang di blog ini. Saya membatin, "ada-ada saja cara orang untuk mempromosikan blognya", awardnya harus pake url segala, padahal dengan gambar saja kan sudah cukup. Tetapi saya sangat mengerti maksudnya. Gambar award sengaja diberikan url blog dengan maksud, siapa saja yang nantinya diberikan award itu lalu memasang pada blognya, kemudian ada yang klik, maka pengunjung akan diarahkan ke blognya (pinter juga, hanya saja, apa yang menerima award segitu bodohnya?). Suatu cara yang cukup cerdas meningkatkan trafik, hanya tidak etis menurut saya. Pada bagian selanjutnya akan kita kupas tuntas mengenai hal ini.

Kemudian alasan selanjutnya saya menulis artikel ini adalah, seorang sahabat blogger yang meminta bertukar link dengan saua. Seperti biasa, sebelum memutuskan menerima atau tidak tawarannya, terlebih dahulu saya mengunjungi blognya. Saya cukup kaget juga, karena blognya berisi beberapa gambar-gambar hot bahkan dapat dikatakan parno. Tawaran ini saya tolak dengan halus dengan tidak merespon penawaran beliau. Saya hanya meninggalkan pesan di shoutbox blognya ucapan terima kasih karena telah berkenan mengunjungi blog saya.

Nah sahabat, itulah beberapa alasan mengapa artikel ini saya tulis dan memberinya judul "KUPAS TUNTAS BLOGWALKING". Seperti yang saya katakan pada awal tulisan ini bahwa, disamping tujuan-tujuan lainnya seperti silaturrahmi, saling bertukar informasi dan lain-lain, tujuan utama bogwalking adalah untuk meningkatkan trafik pengunjung ke blog kita. Karena itulah setiap blogger berusaha sebaik mungkin mendisain web blognya supaya kelihatan menarik, menulis artikel yang berkualitas, memasang widget yang cantik, dengan harapan mendapatkan apresiasi yang tinggi guna meningkatkan minat blogger atau pengunjung lain agar sesering mungkin berkunjung. Menurut saya, ada lima pilar pendukung aktifitas blogwalking yang dapat membantu meningkatkan trafik pengunjung blog antara lain sebagai berikut :

Pertama : Memasang Kotak Shoutbox (Kotak Pesan)

Menurut penglihatan saya selama melakukan aktifitas blogwalking, tidak sedikit sahabat blogger yang ogah atau tidak memasang shotbox (kotak pesan) pada blognya. Mungkin dengan harapan agar pengunjung menulis komentar pada kotak komentar yang terletak di bawah artikel. Hal ini dianggap suatu kebanggan tersendiri karena tulisannya banyak dikomentari. Atau mungkin juga dipahaminya bahwa komentar tersebut sebagai backlink yang dapat meningkatkan page ranking blognya.

Menurut saya, pendapat seperti ini keliru. Memasang kotak shoutbox penting dan memiliki urgensi tersendiri bagi sebuah blog. Paling tidak shoutbox dapat mencegah blogger iseng yang bisanya hanya menulis komentar spam. Apa yang terjadi dengan blog yang tidak memilki shoutbox?, sahabat bisa melihat begitu banyak komentar yang bersifat spam atau asal tulis pada blog-blog seperti ini (walaupun tidak semua tentunya). Saya pernah mengunjungi sebuah blog yang tidak memiliki shoutbox dimana komentar pertama yang tertulis berbunyi "Horeeeeeeeeee, saya yang pertama". Juga ada yang menuliskan "Sob, jangan lupa berkunjung balik", atau "wah blognya keren nih", padahal artikelnya membahas mengenai tutorial blog. Pendek kata, macam-macam komentar aneh yang ditulis. Menurut orang pintar (Master Blog), komentar-komentar yang bersifat spam seperti ini justru merugikan pemilik blog itu sendiri, karena mesin pencari seperti google sudah pasti menganggapnya komentar sampah. Kondisi seperti ini bisa berpengaruh pada Google Indek Page (GIP) bahkan page ranking (PR) suatu blog. Karena itu, jangan heran jika sahabat mengunjungi blog milik blogger senior, di bawah artikelnya selalu ada pesan seperti ini, "Silahkan tulis komentar yang sesuai dengan artikel, komentar spam akan saya hapus".

Disamping itu, ada yang harus dipahami, bahwa tidak semua blogger suka memberi komentar dalam aktifitas blogwalking yang dilakukannya. Mengapa?, karena yang bersangkutan tidak mau repot menuliskan kode-kode verifikasi yang memakan waktu. Tujuannya hanya satu, meninggalkan jejak dengan cepat lalu pindah ke blog lain untuk melakukan hal yang sama. Tentu dengan harapan, makin banyak jejak yang ditinggalkan makin besar peluang pengunjung yang akan berkunjung ke blognya.

Walaupun demikian, memasang shoutbox tentu bukan segala-galanya. Semuanya kembali kepada sipemilik blog itu sendiri. Bagi sahabat blogger yang suka memasang shoutbox, saya sarankan memilih shoutbox yang tidak ribet. Mengapa, mungkin sahabat memiliki pengalaman yang sama dengan saya, dimana ada shoutbox pada sebuah blog dimana submit pesan kadang harus dilakukan berulang-ulang dan bisa membuat kita jengkel bahkan mungkin emosi (he he he). Saya sarankan sebaiknya menggunakan shoutbox yang disediakan oleh situs www.shoutmix.com.


Kedua : Memberi Komentar

Seorang sahabat pernah bertanya kepada saya, "Apa sih sih tolok ukur atau kriteria sebuah artikel itu dikatakan baik?". Pertanyaan ini gampang-gampang susah menjawabnya. Tetapi yang pasti, sebuah tulisan atau artikel dikatakan baik jika ditulis dengan tata dan gaya bahasa yang baik, berisi sesuatu yang bermanfat, memiliki nilai tambah, memberi gambaran yang jelas akan pesan yang ingin disampaikan, dan yang paling penting orang lain suka membacanya. Sebagai seorang blogger, tentu kita bertanya, "Apa indikasi sebuah tulisan atau artikel dikatakan baik dan banyak dibaca pengunjung?".

Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan sahabat memperhatikan komentar-komentar yang diberikan pada artikel tersebut. Komentar yang saya maksud adalah komentar yang memiliki bobot, sejalan dengan apa yang dibahas dalam dalam artikel itu. Bukan komentar spam (sampah) yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel. Bukan pula tulisan "just say hello", komentar minta dikunjungi balik, meminta artikelnya diberi komentar, menulis link bisnis online, atau komentar seperti yang saya sampaikan sebelumnya.

Dalam melakukan aktifitas blogwalking, sahabat pasti akan menemukan kenyataan-kenyataan seperti itu. Kalau ingin sekedar mengatakan "hello", "apa kabar", minta dikunjungi, atau promosi link bisnis, sebaiknya tulis saja di shoutbox. Terus terang, jika mengunjungi suatu blog yang tidak memiliki shoutbox, dan artikelnya saya anggap tidak menarik untuk diberikan komentar, lebih baik saya tidak menuliskan komentar daripada sekedar menulis seperti yang saya katakan tadi.

Karena itu saya perlu sampaikan di sini, terutama kepada sahabat-sahabat saya yang tidak memasang shoutbox di blognya. Kalaupun sahabat tidak menemukan komentar saya terhadap artikel yang sahabat tulis, itu bukan berarti saya tidak membalas kunjungan sahabat. Saya juga tidak ingin menuliskan pesan di bawah artikel sekedar supaya sahabat tahu saya membalas kunjungan sahabat. Mengapa?, karena saya tahu tindakan itu merugikan sahabat.

Ketiga : Saling Bertukar Link

Untuk meningkatkan page rangking (PR) suatu blog, keberadaan backlink (link balik) sangat penting terutama pada mesin pencari (search engine seperti Google), apalagi jika sahabat suka berbisnis online. Bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan situs-situs bisnis online menerapkan syarat ini. Karena itu saling bertukar link sesama blogger adalah sesuatu yang mutlak adanya, kecuali jika sahabat menjadikan aktifitas ngeblog sekedar sebagai tempat curhat, sebagai diary untuk menulis pengalaman pribadi dan tidak mau pusing dengan urusan page ranking, trafik dan lain-lain.

Akan tetapi, bertukar link tidak bisa dilakukan dengan serampangan (asal memiliki backlink).
Sebaiknya bertukar link dengan blog yang memiliki thema sejenis (weh pada blog ini juga banyak link yang tidak sejenis he he he) dan disarankan dengan blog yang memiliki PR lebih tinggi, tetapi ini jangan diartikan bertukar link dengan blog dengan PR yang lebih rendah tidak dibolehkan (cieh.. mentang-mentang PR 2 nie ye!!! he he he). Kesimpulannya, silahkan bertukar link dengan blog mana saja dengan catatan seperti yang saya sebutkan di atas.

Dalam kondisi tertentu, bertukar link kadang kala menjadi sebuah dilema bahkan mungkin menjadi seperti makan buah simalakama. Coba saja sahabat bayangkan, jika secara tiba-tiba ada pesan di shoutbox, seorang teman telah memasang link anda di blognya tanpa meminta ijin terlebih dahulu, kemudian meminta anda agar melakukan link balik yang ternyata misalnya blognya bertema game, judi online, atau bisa saja berthema sex, sementara blog anda memilki thema politik atau agama. Ibarat makan buah simalakama, mau pasang linknya berat hati karena tidak sejalan, tidak dipasang khawatir yang bersangkutan tersinggung!!!. Bagi saya, kondisi seperti ini kadang menimbukan perang, "ya, tidak, ya tidak" (he he he) . Masih bagu skalau thema blognya game, kalau isinya gambar "orang miskin semua" (tidak pake baju maksudnya ha ha ha).

Saya pernah punya pengalaman unik, seorang blogger yang mungkin tertarik dan suka membaca artikel-artikel pada blog saya yang lain mengajak bertukar link. Belum sempat mengunjungi blognya apalagi memberi persetujuan, sahabat tersebut telah mengirim pesan melalui shoutbox memberitahukan bahwa link saya sudah terpasang. Setelah saya kunjungi, wah kaget juga saya, di blognya sebagian besar gambar ceweq-ceweq miskin alias kurang duit buat beli baju. Ada juga gambar ceweq setengah miskin (maksudnya foto ceweqnya masih pakai baju), cuman "anunya itu lho" bisa membuat syaraf-syaraf kecil dan besar kaum adam streng semua ha ha ha. Setelah saya membaca beberapa artikelnya, sebenarnya gambar-gambar itu dipasang karena tuntutan artikel yang ditulisnya. Pada posisi ini saya bingung, antara "ya" dan "tidak". Terpaksa deh keluarkan jurus istikharah blogging (menimbang-nimbang maksudnya he he he). Hasil istikharahnya negatif, tetapi saya berat mengatakan padanya bahwa saya tidak mau bertukar link. Masalahnya dimana?, masalahnya karena disamping blog saya banyak membahas masalah agama, sahabat ini juga sudah terlanjur memasang link saya duluan (masa sih blog yang nafasnya agama tukaran link dengan blog ceweq miskin!!!! (gak mungkin lah). Karena tidak ingin mengecewakan beliau, jadinya saya cuekin saja. Kalaupun nanti beliau berkunjung lagi dan melihat linknya belum saya pasang, paling-paling link saya dihapus dari blognya (begitu kata bathin saya). Ternyata benar, setelah dua hari saya berkunjung kembali ke blog beliau, link saya sudah dihapus. Alhamdulillah kata saya dalam hati, selamat dah!!!! he he he.

Sahabat, backlink (link balik) memang penting. Tetapi jika kejadiannya seperti yang saya alami, sebaiknya fikir-fikir deh untuk bertukar link, apalagi jika pemilik blog seperti itu yang mengajak anda bertukar link. Kecuali kalau anda suka foto gadis-gadis miskin (ha ha ha), ya...monggo!!!!. Tahukah sahabat mengapa orang pintar mengatakan sebaiknya jangan memasang link otomatis pada blog?. Maksudnya untuk menghindari hal-hal seperti itu. Ada manfaatnya memasang link outo pada blog, karena kita tidak bersusah-susah secara manual memang link blogger lain. Tetapi kerugiannya juga ada, contohnya seperti tadi. Bayangkan saja jika blogger yang memiliki situs-situ porno dari luar negeri tanpa setahu sahabat memasang linkmereka. Dalam jumlah link yang masih sedikit mungkin tidak ada masalah, karena sahabat masih mungkin dapat mengunjungi link tersebut satu per satu. Tetapi dengan jumlah link yang sudah ratusan, masih mungkinkah sahabat melakukannya???.

Alih-alih dapat link banyak untuk meningkatkan PR, justru kemungkinan akan digebuk sama mbah Googling bisa saja terjadi. Karena ternyata, walaupun mbah Google berada di negeri yang menganggap remeh dan biasa hal-hal yang berbau pornografi dan porno aksi, mbah Googling rupanya masih mengerti dengan batasan-batasan moral dan adat istiadat dan budaya timur untuk tidak memamerkan aurat apalagi berpakaian ala gadis miskin atau manusia pada jaman bahula he he he.

Keempat : Follow Blog

Saya yakin sahabat pasti tahu fasilitas ini, sebuah layanan yang disediakan Google untuk memudahkan kita menerima update terbaru dari suatu blog yang kita suka baca artikel-artikel yang ditulis pemiliknya. Caranya mudah, cukup mendaftar melalui fasilitas yang telah disediakan (dipasang). Begitu pemiliknya melakukan update, hanya dengan login ke blog sahabat, update terbaru dari blog tersebut dapat sahabat baca tanpa bersusah payah mengunjungi blog tersebut. Menjadi pengikut (Follower) sebuah blog adalah keikhlasan, karena itu pemilik blog yang kita ikuti tidak memiliki kawajiban untuk melakukan hal yang sama.

Manfaat menu follow blog ini disamping yang saya sebutkan tadi, juga dapat menambah cantik blog, karena wajah-wajah followernya akan nampak pada halaman utama. Menu ini juga dapat dijadikan indikator seberapa besar ketertarikan dan minat blogger lain terhadap konten blog sahabat. Hanya saja, fenomena ini menjadi sedikit agak bias. Terus terang, saya menangkap adanya kesan yang berbentuk pemaksaan halus dari sebagian blogger yang menjadi follower blog kita. Maksudnya begini, sebagian mereka beranggapan jika yang bersangkutan telah mengikuti blog sahabat, maka sahabatpun harus menjadi follower blognya. Pemahaman yang sangat keliru menurut saya.

Contohnya begini, jika seseorang tertarik dengan konten blog anda, kemudian ia menjadi followernnya. Tetapi kemudian yang bersangkutan mengirimkan pesan supaya anda juga menjadi follower blognya, wah bisa ciloko he he he. Coba bayangkan jika sekiranya blog yang bersangkutan memiliki konten yang anda tidak suka (konten porno misalnya)?. Apakah karena yang bersangkutan telah menjadi pengikut blog anda kemudian anda juga harus menjadi pengikut blognya?, saya yakin tidak demikian bukan?. Tetapi kenyataannya, inilah yang terjadi dan menjadi realitas kekinian dalam dunia blogging yang kita lakoni sekarang. Lagi-lagi sebuah dilema.

Hemat saya, biarkanlah hal ini berjalan secara alamiah tanpa kita harus bersikap seperti itu. Jika ingin menjadikan blog anda banyak dikunjungi, diminati, sekaligus banyak yang rela menjadi followernya, maka desainlah blog anda secantik mungkin, tulislah artikel bagus, dibutuhkan banyak orang, enak dibaca dan jalin persahabatan yang erat sesama blogger. Jika ini dilakukan, tanpa saya yakin blogger lain akan dengan sendirinya ikhlas menjadi follower blog anda, tanpa anda minta, apalagi memaksanya.

Kelima : Pemberian Award

Fenomena saling memberi award dalam aktifitas blogging menurut saya sesuatu yang menarik untuk dibahas, bukan pada awardnya tetapi prilaku mereka yang suka memberi award. Saya menemukan hal yang aneh, uniq dan kadang-kadang lucu dari kegiatan yang satu ini. Menurut saya, memberi atau menerima award adalah aktifitas yang patut untuk terus ditumbuh kembangkan, karena award dapat menjadi jembatan dalam rangka mempromosikan suatu blog sekaligus menjalin persahabatan yang lebih dekat sesama blogger. Tetapi ingat, dalam melakukan aktifitas ini, tetap harus memperhatikan etika dan kaidah-kaidah moral. Sehingga yang menerima merasa dihargai. Dengan begitu, pasti ia akan dengan senang hati menerima award pemberian anda. Adalah sesuatu yang sangat lucu dan aneh menurut saya, jika seseorang yang baru satu dua kali mengunjungi blog anda lalu kemudian anda berikan award.

Terus terang, saya mengalami kejadian aneh seperti ini, sebagaimana yang saya sampaikan di awal tulisan. Bagimana saya tidak merasa aneh, yang memberikan award pada saya boleh dikatakan sangat jarang berkunjung ke blog saya, demikian pula saya juga jarang berkunjung ke blognya, lebih dari itu siapa namanya, di mana daerahnya, alamat blognya apa, saya tidak tahu. Intinya, yang bersangkutan sangat tidak familiar dalam memory saya. Tetapi tiba-tiba saya membaca pesan di shoutbox yang berbunyi "Selamat blog anda beruntung mendapatkan award dari saya, silahkan di ambil di blog saya". Membaca pesan ini, saya seperti terkena sambaran petir. "Alamak", ketiban apa lagi saya ini", begitu kata hati saya he he he.

Award boleh-boleh saja diberikan, tetapi paling tidak harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Minimal kriteria yang secara umum dipahami oleh setiap blogger (karena memang tidak ada kriteria baku mengenai award dalam dunia blogging) . Misalnya, seseorang diberikan award karena rajin mengunjungi blog anda, rajin memberikan komentar, minimal tau wajahnya, sudah pernah chatting walaupun hanya di shoutbox, dan paling tidak, anda tahu alamat blognya. Singkat kata, calon penerima award familiar dengan anda demikian pula sebaliknya. Kalau semua kriteria itu tidak terpenuhi, kemudian tiba-tiba saja anda memberikan award disertai pesan seperti sebuah lembaga sosial atau bank yang sedang mengadakan undian (seperti pesan yang diberikan pada saya), wah...wah..wah, yang anda berikan bukannya senang, mungkin malah jengkel.

Sebagai catatan kecil sebelum mengakhiri artikel yang sudah terlalu panjang ini (namanya saja KUPAS TUNTAS ya harus panjang, ya gak? he he he), award dapat dijadikan sebagai sarana menjalin persaudaraan dan sebagai alat promosi blog, tetapi lakukanlah dengan santun dan beradab, berikan alasan-alasan mengapa seseorang anda pilih sebagai penerima, karena award sesungguhnya adalah sebuah pernghargaan, bukan semata-mata sebagai alat untuk kepentingan promosi blog. Dan, kalau anda bisa memberikan award pada orang lain, seharusnya juga mau menerima award bila diberikan. Saya menemukan realitas beberapa blogger seperti ini. Giliran dia yang berikan award, dikejar-kejarnya kita seperti punya hutang jutaan dollar kepadanya. Tapi begitu dia yang diberikan award, jangankan memberi respon, blog anda pun tidak akan dikunjunginya lagi sebagai sikap pura-pura tidak tahu. Nah, blogger seperti ini bagaimana menurut anda?.

Perlu dicamkan baik-baik, blog dibuat pemiliknya bukan hanya untuk posting award, karena itu perhatikan timing yang tepat sebelum memutuskan memberi award pada seseorang. Jangan karena anda melihat yang bersangkutan rajin posting award, kemudian anda tambah lagi bebannya dengan memberinya award baru. Itu sama saja dengan "sudah jatuh ketimpa tangga pula". Ibarat seseorang yang megap-megap (bahasa apa ini yah? he he he) dan hampir tenggelam, lalu anda datang dan semakin membenamkan kepalanya ke dalam air (mampus dah!!!).

Pada akhirya, blognya sudah tidak ada artikel lain kecuali award. Kalau anda tidak peduli dengan itu semua, maka tunggu anda akan dituntutnya dalam pengadilan award di hari kemudian kelak he he he. Dan jika ada sahabat blogger yang mau saja diperlakukan seperti itu, tunggu, saya akan datang memberikan award yang banyak dan gratis biar makin rame blognya dengan award ha ha ha ha, dan saya akan mengusulkan kepada mbah Googling agar blogger seperti itu diberikan PR khusus award he he he, Selesai.

Selamat membaca semoga bermanfat.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

33 komentar to “KUPAS TUNTAS BLOGWALKING”

Didin or Untara mengatakan...
on 

Kalau untuk pasang shoutbox saya sudah kapok, kebanyakan yang cuman sekedar lewat .. hehehe.

Lebih parah lagi kalo ternyata yang lewat cuman 'hantu' nya doank (pake script penjelajah buat ninggalin komen) atau mungkin para 'kutu loncat' yang tinggal kopi paste .. "selamat siang" .. "mampir malam minggu" ..

Selain itu ninggalin pesan di shoutbox dah mulai gak efektif .. karena para pemasang shoutbox gak bakalan dijamin bakal balik berkunjung ... plus link yang ada di shoutbox itu gak DoFollow

saya sekarang sih mending komen komen seperti ini ni .. lebih efektif saya kira .. plus sapa tau blog yang dikasih komentar itu DoFollow ... seperti blog saya .. heheh .. kan lumayan buat ningkatin backlink

japraxxx mengatakan...
on 

bagus ulasannya...
bener ne shoutmix emang penting buat ditaruh di suatu blog, ea mungkin bila pengunjung blog kita ga tertarik dengan artikel yang kita tulis mungkin pengunjung jg males memberikan komentar di artikel kita, ujung2nya malah melakukan spam komen..
drpd pengunjung melakukan spam di kolom komentar mendingan kita naruh shoutmix aj diblog kita..

kayaknya c ak mgkin salah satu yg ksindir dr ulasan anda...hehe
kemarin ak tanpa seijin anda menaruh link anda di blog ak trus meminta anda buat backlinknya lwat pesan di shoutmix anda yg katanya membuat dilema bagi anda..
ea mungkin klo anda memberikan backlink aku ucapkan terimakasih klopun tidak ea tidak apa2 c..hehe

anggaarie.com mengatakan...
on 

ayo nyepam disini...
he3...bercanda mas..
pertama, saya salut kepada mas yang sudah mengupas tuntas masalah blogwalking. sebenarnya aku juga mo posting seperti ini..
oh iya, ada yg lucu juga lho, asal komentar malah..
gini, ada yg ninggalin komentar di shoutmix berbunyi, "aku dah klik ad$$ mu, dah isi komentar posting, gantian yah"..
padahal blogku tidak ada iklan sama sekali dan aku cek komentar terakhir ga ada nama dia or url dia..

trus aku konfirmasi ke dia, marah2 dia..hihihii
lengkapnya ada di blog ku
http://anggaarie.blogspot.com/2009/06/blogger-ada-ada-aja.html

lesparisien.net mengatakan...
on 

wah iya tuh contohnya udah ada nih pada tau kan jengah? bukan promosiin jengah ya, banyak yang blogwalking lewat jengah terus hanya tinggalin jejak lewat shoutmix. kalau mau hindari spam ya pakai oggix kan ada chapca imagenya tuh :)

adan mengatakan...
on 

bagus sekali articelnya ..

sangat berguna untuk saia

Bayu 'The Maniac' mengatakan...
on 

brguna banget nih sob ...
ni gue lagi blogwalking ke blog loe ...
brkunjung blik yah ...
aq udah follow qmu ... follow blik yah ...

cinema3satu mengatakan...
on 

Mau nanyak nih bang, apa akibatnya kalau kita bertukar link ke blog yang memiliki tema berbeda dengan blog kita, misalnya blogku bertema film, trus yang aku ajak tukar link blognya bertema agama,

Wah jengah harus di blacklist nih

Seri mengatakan...
on 

blogwalking itu emang baik bagi bloger pemula. banyak bisa dipelajari dari blog2 yang kita lawati dan bisa dibuat contoh untuk memperbaiki blog kita. satu yang amat ketara dari acara blogwalking ini ialah bisa meningkatkan visitor keblog kita secara tidak langsung bisa memperbaiki alexa trafik rank. bagi shoutbox ia amat penting bagi bloger pemula. ini amat jelas saya pernah gagal sekali gara2 ngak pernah pasang shoutbox

jimox mengatakan...
on 

wah ternyata semacam itu ya dunia blogger. hehe..
ya mas, kalau ada yang ngasih award trus da url blognya mending di hapus saja. itu namanya memberi dengan harapan bisa pasang link di blog kita. nggak ihlas. hehe...
artikel yang bermanfaat banget buat blogger pemula seperti saya.
salam kenal ya syamsul.

jang_mq mengatakan...
on 

Mantap postingan nya, bisa menambah ilmu buat naiikin PR maklum masih pemula... pengalaman saya banyak saya menjadi pengikut sobat blog namun tidak sedikit yang tidak di back follow.... yah nggk pa2 lah.......

S.BAHRY.B mengatakan...
on 

Cimena 3satu : Anjuran Google dan orang pinter dalam hal tukar link begitu kayaknya. Katanya sih bisa membantu naikin PR kali yah!!!. Dan sepertinya emang logis, dan mungkin, kalau misalnya yang anda ajak tukar link postingannya di crawl ama google bisa ikutan he he he.

Jimox : Mengikuti (follow) suatu blog tidak berarti yang anda follow blognya harus mengikuti blog anda pula. Syukur2 kalau yang empunya blog mau follow kembali. Jadi ikutilah blog yang anda rasa menarik artiklenya, sehingga tidak mengunjungi blog itupun anda tetap dapat update terbarunya langsung ke account google anda. Bukan begitu sob???

S.BAHRY.B mengatakan...
on 

Lesparisien : Menggunakan kotak komentar apa saja bagus, apalagi dengan tujuan menghindari spam. Anda mungkin benar, tetapi yang namanya spam tidak akan mampu dicegah sampai dunia ini kiamat. Yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah kotak chat yang kita gunakan semestinya memberi kemudahan akses bagi pengunjung yang datang sehingga ia tidak akan bosan berkunjung. Terus terang saya banyak menemukan kesulitan akses bila blog yang saya kunjungi menggunakan kotak komentar seperti oggix (lihat blogger dari turki). kalau udah mengisi dua tiga kali pesan yang saya kirim berlum terkirim juga, ya apa boleh buat, saya tinggal. Dalam kondisi seperti ini, saya anggap suatu kerugian, karena jejak pengunjung tidak diketahui, sehinga peluang untuk blog anda dikunjungi blog2 baru makin sempit. Lain halnya jika blog anda udah terkenal dan pengunjung harian udah dua ratusan atau lebih, anda tidak perlu repot. Bahkan tanpa memasang kotak komentar sekalipun no problem. Jadi tips ini memang untuk new blogger seperti saya. Bukan begitu sob???

cinema3satu mengatakan...
on 

wadoh susah2 gampang ya kalau soal tukeran link, kadang kita merasa gak enak kalau kita tidak bersedia bertukar link.

Soal award dari pertama saya juga agak prihatin. Yang terjadi sekarang malah membuat arti sebuah award/ penghargaan itu jadi rancu. Award/Penghargaan yang diterima harusnya sesuai dengan kriteria award tersebut sehingga penerimanya merasa bangga memilikinya. Yang terjadi sekarang award diberikan secara cuma-cuma, misalnya blog yang menerima award harus menyebar ke 10 blog lainnya, seperti arisan jadinya.

Semoga ke depan award bisa menjadi sebuah barometer seperti halnya rank alexa atau PR Google, sehingga yang memilikinya merasa bangga.

My Library mengatakan...
on 

bener mas...saya punya pengalaman ni..mengenai blog walking..blog saya masih berumur tiga minggu..tapi alhamdulillah, dalam rentan waktu tiga minggu..saya da dapat rangking alexa yang lumayan tinggi untuk blog seumuran dia..ya pada angka 1,3 jutaan la..

Panca mengatakan...
on 

waw panjang banget tulisannya...mantap
btw, ada satu lagi trik meningkatkan pagerank, link popularity dan rangking alexa tanpa blogwalking...di coba yah !

Ardhiansyam mengatakan...
on 

Tulisan tentang realitas menurut saya (menarik sekali). Saya setuju dg 'keikhlasan', di mana kita bisa memberikan komentar tanpa pamrih, apakah blog itu dofollow atau nofollow, pernah berkomentar di blog kita/tidak, atau skdar meninggalkan pesan lewat shoutmix (tak selalu harus dipertimbangkan).
Menulis bagi saya bukanlah hal yg mudah, bangga rasanya bila hasil jerih payah kita dihargai dg komentar yg tulus dan nyambung (bukan skedar spam)..tapi apapun itu, semoga tak memutuskn silaturahim walaupun hanya di dunia maya..

selamat pagi semua :)

Narti mengatakan...
on 

ulasan yg lengkap, menarik, memang kadang bikin kesel juga...tapi namanya di dunia maya, ya begitulah...
tetap semangat bw-nya ya!

are you bored ?? mengatakan...
on 

Ardhiansyam wah gue salut sama mas yang ini nih . .setuju banget dah,, semoga saya tergolong orang yg demikian

amien...

Muklis mengatakan...
on 

Terimakasih mas atas infonya nice bangets dan sangat informatif, tambah pengetahuan nih, salam kenal mas dari BLOG BISNIS MUKLIS|Motivasi dan bisnis, salam sukses selalu

Thesoul mengatakan...
on 

Kata gue seh jalan2 berinspirasi dan berinfestasi hahaha.... namnya juga sosialisasi... jadi kita punya kenalkan ama orang.... kan klo di pendam bakal busuk nantinya.... hehehehe

lusalary mengatakan...
on 

ulasan yg cukup komplit saya salut dengan anda!!

zaskia ayunda puspita mengatakan...
on 

menarik nih mas bahri.... kita emang wajib tuk ber silaturahmi... sampai lupa tagihan internet... hehehe.... tapi klo udah hobby mengalahkan segalanya...

muhammadazhary mengatakan...
on 

dari awal tujuan saya blogwalking adalah untuk mencari teman..senang sekali bisa punya teman dari seluruh Indonesia. Kalo masalah meningkatkan popularitas dan lain-lain (baca:komersil) itu urusan belakang.. Nice posting sob!

Seragam kerja mengatakan...
on 

Menarik sekali postingannya,sukses terus

rchymera mengatakan...
on 

Menarik bang tutor n infonya bs menambah pengalaman bagi saya nich,btw sukses selalu dech bang n happy posting.

4over18 mengatakan...
on 

ARTIKEL MENARIK CUMA ANDA KELIHATANNYA MASIH MILIH-MILIH TEMAN TERMASUK DALAM DUNIA MAYA INI...
TERUS ANDA JUGA TIPE PENDENDAM KARENA SAAT ANDA DIBANNED DI SHOUTMIX ANDA CARI-CARI APAKAH ORANG YANG MEMBANNED ANDA IPnya ADA DI SHOUTMIX ANDA..

KITA DISINI BEBAS, MENGHARGAI SEMUA PENDAPAT TEMAN WALAUPUN MENYAKITKAN KITA KARENA ITU YANG AKAN MEMBUAT KITA MAJU DAN LEBIH BAIK LAGI.

yogopunyablog mengatakan...
on 

saya sepakat bang dengan memasang shoutmix di blog, karena paling gak ada....aja yg ditulisnya...kadang lucu2...

kalo saya nulis, suka asal mas, mau dibaca kek, enggak kek, dikomentarin kek..bodo...yg penting nulis aja.

makasih infonya mas...

whaone mengatakan...
on 

Oke cocok. Setuju 100%

saungweb mengatakan...
on 

Artikel yang bagus nih.. perlu di coba. makasih ya.. telah berbagi ini sangat bermanfaat

Muhammad Haris F. Lubis mengatakan...
on 

Ngga apalah Bang pengunjungnya dikit...biar dikit asal menggigit daripada banyak tapi buat beselemak...

data semesta mengatakan...
on 

cara menghapus salah satu pengikut blog kita gmn boss?plz help me...thank b4

Oktri darmadi mengatakan...
on 

info yg menarik.......

domainhos mengatakan...
on 

I am also a blogger. I feel that blogging is very much useful for page rank. This information is very much useful for me. Thanks for sharing.
Buy domain India

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template