FENOMENA BLOGWALKING DALAM DUNIA BLOGGING

Dalam dunia blogging, blogwalking dikenal sebagai istilah yang disematkan atas aktifitas saling mengunjungi antar sesama pemilik web blog (blogger) yang menurut saya, adalah suatu fenomena yang cukup menarik untuk dicermati. Sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Search Engine Optimization (baca kembali Tips cepat terindeks di google), salah satu tujuan blogwalking adalah meningkatkan traffict blog dengan cara terlebih dahulu mengunjungi blog tetangga dan meninggalkan jejak di sana. Dengan harapan tentunya, agar sang empunya blog bersedia melakukan kunjungan balik. Dalam dunia blogging dan seluk-beluk blogging, esensi dilakukannya blogwalking adalah agar terjadi peningkatan jumlah lalu lintas pengunjung web blog, yang dapat memudahkan web blog tersebut agar cepat terindeks pada mesin pencari google dengan jumlah Google Index Page (GIP) yang tinggi.

Menurut pemahaman saya, blogwalking sesungguhnya bukan sekedar cara agar cepat terindeks pada search enggine, atau sekedar upaya meningkatkan page rangking blog dengan padatnya traffict, tetapi lebih dari itu, blogwalking adalah suatu bentuk aktualisasi diri sekaligus sebagai sarana publikasi dalam rangka memperkenalkan diri, sehingga ratusan bahkan jutaan blogger di dunia ini mengetahui keberadaan anda (baca kembali artikel Ide dasar dan tahapan-tahapan membuat blog. Sehingga pada suatu saat nanti, mungin tanpa aktifitas blogwalking sekalipun, blogger lain akan mendatangi blog anda, karena mereka merasa apa yang dibutuhkannya ada pada blog anda.

Mencermati realitas empiris fenomena blogwalking yang terjadi saat ini, menurut pengamatan saya, blogwalking telah menjadi sebuah rutinitas dan strategi instan dalam mengejar jumlah traffict, namun terkesan agak bias karena hampir tidak peduli lagi dengan prinsip-prinsip dasar untuk apa sesungguhnya web blog itu dibuat. Blogwalking kemudian menjadi trend setter dengan page rangking blog sebagai target buruan. Pendapat yang menyatakan bahwa blog yang berkualitas adalah blog yang memiliki page rangking bagus, dan page rangking bagus hanya mungkin diraih jika sebuah blog memiliki pengunjung yang padat, terformat di benak para blogger mania. Dengan mind set seperti ini, maka dilakukan langkah apa saja, agar web blognya bisa memiliki lalu lintas pengunjung yang padat untuk mengejar page ranking.

Lalu apa yang terjadi kemudian?. Untuk mencapai target page rangking blog yang bagus dengan traffict pengunjung yang padat, para blogger kemudian terjebak menggunakan cara instan blogwalking. Sebenarnya tindakan itu tidak salah, karena blogwalking juga merupakan salah satu prinsip dasar SEO. Hanya saja ada satu hal yang kadang menggelitik fikiran saya, yaitu mengenai hakekat traffict yang diperoleh dari blogwalking. Menurut saya traffict yang didapatkan dari blogwalking bukanlah traffict yang sesungguhnya, melainkan traffict semu (maaf ini menurut saya lho ya). Mengapa saya katakan demikian?, karena hampir sebagian besar blogger yang melakukan blogwalking mungkin tidak peduli dengan kenyataan bahwa sesungguhnya pengunjung yang datang ke blognya, hanya sekedar numpang lewat yang kemudian meninggalkan pesan pada kotak shoutbox tanpa sedikitpun menoleh untuk membaca artikel yang ada di blog tersebut, lalu setelah itu pergi ke blog lain untuk melakukan hal serupa.

Karena telah menjadi trend, hal inipun kemudian membudaya di kalangan blogger-blogger baru, dimana pada suatu saat nanti, setiap blogger mungkin tidak lagi peduli dengan kualitas blog yang dibuatnya, artikel yang ditulisnya, desain dan tata letak blognya. Semua akan terfokus bagaimana mendapatkan pengunjung semu dalam jumlah yang banyak setiap hari. Akhirnya apa yang terjadi, sebagian besar blogger hanya disibukkan dengan kegiatan blogwalking. Bisa dibayangkan, bahwa seorang blogger mampu mendapatkan pengunjung yang cukup banyak hanya dalam beberapa jam melakukan blogwalking. Tapi apakah ini real traffict?, menurut saya tidak.

Pengunjung real sebuah blog menurut saya adalah pengunjung yang datang ke sebuah blog, baik itu melalui aktifitas blogwalking atau tidak, didasari oleh tuntutan informasi yang dibutuhkannya. Bukan pengunjung yang sekedar numpang lewat dan tidak memberi manfaat apa-apa dari kunjungannya kecuali sekedar menitipkan icon smile di kotak shoutbox yang dengan itu menjadi pertanda bahwa anda memiliki kewajiban moral membalas kunjungannya (rutinitas yang mebosankan menurut saya he...he...he). Coba bayangkan kalau di kotak shotbox anda dalam sehari terdapat seratus saja pesan dalam bentuk icon smile, lalu karena tidak mau pusing anda juga merasa cukup membalasanya dengan icon smile pula, silahkan hitung sendiri berapa kali jemari anda harus klik mouse atau mengetikkan icon smile dalam sehari, dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk melakukannya. Itu baru seratus, bagaimana kalau dua ratus, tiga ratus dan seterusnya. Bisa-bisa jemari anda bengkak seperti kena sengat lipan hanya karena klik mouse atau menulis icon smile he...he...he.

Oleh karena itu, disamping melakukan blogwalking, prisip dasar pembuatan sebuah web blog harus tetap menjadi nomor satu untuk diperhatikan. Menyediakan menu blog yang sedap berupa akses informasi dalam bentuk artikel yang berkualitas, belajar menformat web blog sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Search Engine Optimization, disain dan tata letak yang apik, update yang teratur, menurut saya tetap harus menjadi prioritas utama dalam membangun sebuah web blog. Karena jika ini dilakukan, suatu saat nanti, mungkin tanpa blogwalking sekalipun, traffict akan tetap mengalir ke web blog anda.

Saya kadang merenung, mencoba berfikir saat saya mengunjungi web blog milik beberapa blogger senior, kok saya tidak menemukan mereka melakukan aktifitas blogwalking, tetapi web blognya lumayan padat pengunjungnya. Bahkan ada sebuah web blog milik seorang blogger senior yang selalu mengaku sebagai pemula yang saya amati selama dua minggu, aktifitas di blognya tidak berhenti dalam 24 jam. Dalam benak saya, trik blogger seperti inilah yang patut dijadikan inspirasi untuk ditiru. Sebab kalau kerjaan kita semata-mata blogwalking, ngurus blognya kapan?, he...he... he. Mau jadi tukang COPAS sampai dunia kiamat!!!! ha...ha...ha.
Semoga bermanfaat, selesai.

Baca juga artikel berikut :



Comments :

9 komentar to “FENOMENA BLOGWALKING DALAM DUNIA BLOGGING”

jabir mengatakan...
on 

Salam kenal pak,
Saya blogger baru nih, kalau masalah blog udah bisa posting dll, cuma untuk merias dan memodifikasi blog masih bingung dan susah.

S.BAHRY.B mengatakan...
on 

Emangnya asesoris apa aja yang mau dipasang di blognya mas?, saya juga masih belajar kok, kalau mau sharing sih ok ok aja, sambil sama-sama belajar.

bejo mengatakan...
on 

wah pusing pak mikirin SEO, Pagerank, Alexa.
aku ngebog cuman buat ngungkapin apa yang aku rasa.
tengok aja...postingan_ku juga ada yg komentar ada juga yang tidak. memang pengunjung ada yang suka dan tidak dengan postinganku. Karena aku pun juga gitu. Sekiranya ada artikel blogger yang menarik ya aku koment, klo tidak menarik atau aku tidak tahu ya no koment. Perihal blogwalking.... bener juga lho... eman2 klo cuman buat ngklik icon doank.
peace pak....aku juga baru belajar blogging kok.

Lina mengatakan...
on 

hehe...ku ngeBlog juga cma sekedar iseng, jadi ga terlalu mikirin PageRank, Alexa oto sebagainya.
Tapi...tiap pertama kali buka Blog, pasti yang langsung di liat, ya si Alexa.
Bangga juga klo si Alexa tiap hari bisa naek.

Arif.Ust mengatakan...
on 

terima kasih banyak.Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. Mampir ke blog saya dunk saya biz posting tadi. ini alamatnya http://arifust.web.id jangan lupa komentarnya buat artikel saya.

Aqsha Arrahman mengatakan...
on 

gw ga pernah pikirin pagerank ato apapun saat nge-blog.... gw cm seneng kalau pengunjung blog gw tuh bertambah tiap hari....

sama aja yah ???
hehehehe

cintatips mengatakan...
on 

ya kl menurut saya blogwalking sangat perlu tapi di awal pembuatan blog di karenakan untuk menejar posisi page di halaman 1-3 di google trafik sangatlah penting
tapi setelah kita mendapat page yg bagus blogwalking sudah tidak terlalu di perlukan lagi :)

ilikesunflower mengatakan...
on 

saya bener2 meresapi postingan anda yg ini, jadi insprasi bagi sy tuk bikin postingan, izin mo jadikan referensi yaa... n tunggu tanggal terbitnya..makasih for sharing, nice!! buat temen2 yg udah komeng di sini, sukses buat qta yaach...^^

Damn Poenya Blog mengatakan...
on 

makasih banget..infonya mas..saya setuju itu...

Posting Komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template